January 23, 2019

Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografi SIG - Adalah Mempelajari bagaimana tahapan kerja dalam SIG menarik kita untuk kembali ke pembahasan mengenai komponen SIG. Secara garis besar, tahapan dalam SIG tercermin dalam rangkaian komponen-komponen SIG. Setiap komponen tersebut mempunyai subfungsi masing-masing. Perhatikan bagan berikut.



TAHAPAN KERJA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI ( SIG )




Berdasarkan bagan di atas, kamu bisa melihat apa saja tahapan kerja dalam SIG. Mari kita bahas satu per satu.

Proses awal dalam tahapan kerja SIG adalah masukan data yang terdiri atas akuisisi data dan proses awal.

Subsistem selanjutnya adalah pengelolaan data. Dalam subsistem ini dilakukan pengolahan data dasar. Proses-proses yang dilakukan dalam subsistem ini antara lain pengarsipan data dan pemodelan.

Melalui proses pemasukan data, peta-peta dasar tersebut diubah menjadi data digital. Setelah dilakukan editing, peta siap digunakan untuk analisis. Nah, salah satu contoh analisis yang bisa dilakukan oleh SIG adalah buffer.

Suatu skala peta sering ditentukan berdasarkan kebutuhan pengguna peta dan media cetak peta. Proses penentuan skala ini bisa dilakukan dengan menggunakan Software Arc View maupun Arc Info. Tetapi, para ahli SIG saat ini memilih menggunakan Software Arc View untuk layout peta.

( Penjelasan detailnya akan dibahas di posting berikutnya )



Versi materi oleh Eni A dan Tri H

0 komentar:

Post a Comment