October 24, 2015

Versi materi oleh Ismawanto


Sumber Penerimaan dan Pengeluaran Negara - Program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah memerlukan banyak dana. Pembiayaan pembangunan tersebut dapat dihimpun dari berbagai sumber-sumber pendapatan atau penerimaan. Sumber-sumber penerimaan dan pengalokasiannya dapat dilihat dari susunan APBN maupun APBD.


1. Sumber-Sumber Pendapatan Negara dan Daerah

Setiap negara menginginkan untuk meningkatkan penerimaan atau pendapatan nasional, karena dengan peningkatan pendapatan kemakmuran suatu negara akan meningkat. Sejalan dengan itu, dalam kebijakan fiskal pemerintah terus meningkatkan penerimaan negara baik penerimaan Negara berupa pajak dan bukan pajak atau penerimaan migas dan nonmigas. Sementara itu, pemerintah daerah juga berkeinginan untuk meningkatkan penerimaan atau pendapatan derahnya guna menunjang pembangunan daerah.

Berikut ini diuraikan sumber-sumber pendapatan negara dan pendapatan daerah.


SUMBER PENERIMAAN DAN PENGELUARAN NEGARA



2. Jenis Pembelanjaan Pemerintah Pusat dan Daerah

Pendapatan yang berasal dari berbagai sumber selanjutnya digunakan untuk membiayai negara secara rutin dan pembangunan agar jalannya pemerintahan semakin lancar.



SUMBER PENERIMAAN DAN PENGELUARAN NEGARA 1

Sebagai gambaran, berikut ini disajikan data tentang jenis pembelanjaan daerah yang berupa dana alokasi umum (DAU).


SUMBER PENERIMAAN DAN PENGELUARAN NEGARA 2



Berdasarkan uraian mengenai sumber penerimaan dan belanja negara, maka diusahakan setiap APBN dan APBD menunjukkan adanya tabungan pemerintah. Semakin tinggi tabungan pemerintah maka akan dapat meningkatkan investasi atau penanaman modal untuk usaha sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar atau dengan kata lain APBN menunjukkan surplus.

Secara matematis tabungan pemerintah atau tabungan negara dapat dihitung sebagai berikut.



Rumus tabungan pemerintah


Untuk lebih mengetahui dan memahami tentang sumber pendapatan dan tujuan pembelanjaan negara, berikut ini disajikan contoh APBN 2006 dan RAPBN 2007.


APBN

0 komentar:

Post a Comment