April 17, 2012




Penduduk ialah seseorang yang telah bertempat tinggal di suatu daerah selama enam bulan atau lebih, atau kurang enam bulan dan bertujuan untuk menetap.

Sensus de jure, yaitu menghitung kepada seseorang yang benar-benar bertempat tinggal di suatu daerah/negara. Sensus de facto, yaitu menghitung kepada seseorang pada waktu diadakan sensus berada di dalam daerah/ negara.

Susunan penduduk atau komposisi penduduk penting untuk diketahui, sebab setiap tahun mesti ada perubahan, sedangkan berbagai kebijakan dan program-program pemerintah harus menyesuaikan. Piramida penduduk muda menggambarkan penduduk tumbuh. Piramida penduduk stasioner menggambarkan penduduk tetap/tidak bertambah atau berkurang. Piramida penduduk tua menggambarkan penduduk berkurang.

Pertumbuhan penduduk alami/natural increase terjadi dari selisih kelahiran dan kematian. Pertambahan penduduk migrasi/total ialah pertambahan penduduk alami ditambah dengan selisih imigrasi dengan emigrasi. Kepadatan penduduk/densitas adalah jumlah penduduk dibagi luas daerah. Kepadatan penduduk agraris adalah jumlah penduduk dibagi luas daerah pertanian. Hasil sensus Indonesia tahun 2000 jumlah penduduk ± 205.843.196 jiwa, pertumbuhan kurang dari 1,5%.


0 komentar:

Post a Comment