June 19, 2015

Unsur Neraca dan Laba Rugi


Versi materi oleh Ismawanto


Unsur Neraca dan Laba Rugi - Dalam menyusun laporan keuangan, kalian telah mengetahui bahwa neraca dan laporan laba/rugi merupakan salah satu komponennya. Untuk itulah kalian perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang memengaruhi neraca dan laporan laba rugi sehingga posisi keuangan perusahaan dapat memenuhi harapan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya.



1. Unsur Neraca

Neraca adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode. Posisi keuangan yang dimaksud terdiri atas aktiva (harta), kewajiban (utang), dan ekuitas (modal). Pos-pos tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut.

a. Aktiva adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan manfaat ekonomi yang diharapkan akan diperoleh perusahaandi masa depan.
b. Kewajiban adalah utang perusahaan di masa kini yang timbuldari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.
c. Ekuitas adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban.



2. Unsur Laporan Laba/Rugi

Laporan laba/rugi adalah laporan yang menunjukkan kinerja perusahaan, yakni tentang besarnya pendapatan (penghasilan) dan beban pada akhir periode akuntansi. Unsur-unsur tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut.

a. Penghasilan (income) adalah kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang bukan berasal dari kontribusi penanam modal.
b. Beban (expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar/ berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.




Sekian mengenai Unsur Neraca dan Laba Rugi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment