September 24, 2018

Latar Belakang Berdirinya VOC - Adalah Atas dasar inilah, diprakarsai oleh pembesar Belanda Olden Barneveldt, pada bulan Maret 1602 semua kongsi dagang Belanda di Hindia Timur dipersatukan dalam sebuah kongsi besar dengan nama Verenigde Oost-Indishce Compagnie (VOC) yang disahkan oleh Staten-General, yakni Republik Kesatuan Tujuh Propinsi berdasarkan suatu piagam yang memberikan hak eksklusif kepada perseroan untuk berdagang, berlayar, memonopoli pedagangan, dan memegang kekuasaan.


Pimpinan VOC terdiri atas tujuh belas orang, maka disebut Hereen Zeventien. Dalam perkembangannya Belanda (VOC) menjadi satu-satunya bangsa Eropa yang mendominasi perdagangan di Indonesia, serta mampu menancapkan kuku kekuasaannya dengan menjadikan Indonesia sebagai wilayah kolonial dan imperialisnya hingga ratusan tahun lamanya.

LATAR BELAKANG BERDIRINYA VOC


Kongsi besar VOC menjadi cikal bakal kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Tujuannya tidak lagi sebatas berdagang tetapi termasuk di dalamnya adalah penguasaan wilayah dan menerapkan sistem monopoli perdagangan. Jaringan perdagangan yang sudah berkembang sebelumnya yang dipelopori oleh para pedagang Islam secara berangsur-angsur mengalami keruntuhan. VOC dalam memaksakan sistem perdagangan monopolinya yaitu dengan cara militer.

Walaupun VOC sebagai kongsi dagang, tetapi oleh pemerintah Belanda diberi kekuasaan yang besar, dengan diberikannya hak Octrooi. Hak octrooi tersebut, antara lain:

(a) hak monopoli perdagangan;
(b) hak untuk mencetak dan mengedarkan uang sendiri;
(c) hak mengadakan perjanjian;
(d) hak mengumumkan perang dengan negara lain;
(e) hak menjalankan kekuasaan kehakiman;
(f) hak mengadakan pemerintahan sendiri;
(g) hak melakukan pungutan pajak;
(h) hak memiliki angkatan perang sendiri;
(i) menjadi wakil pemerintah Belanda di Asia.



Versi materi oleh Triyono Suwito dan Wawan Darmawan


0 komentar:

Post a Comment