October 6, 2012

Versi materi oleh Eni A dan Tri H


Pengertian penginderaan jauh menurut para ahli. Foto udara merupakan salah satu hasil sistem penginderaan jauh. Bagaimana memperolehnya? Untuk memperolehnya pada dasarnya sama seperti kamu memotret dengan kamera biasa. Hanya saja ada beberapa yang berbeda. Bisakah kamu bayangkan dari sebuah foto saja bisa digunakan untuk membuat berbagai tema peta? Kira-kira bagaimana prosesnya menurutmu? Untuk bisa membuat peta dengan tepat darinya, bukan merupakan proses yang mudah.

Ada beberapa hal yang harus kamu pahami. Bagaimana foto udara itu diperoleh, apa jenisnya, bagaimana cara mengenali objek geografi pada foto, apa saja hasil teknologi penginderaan jauh yang lain? Semuanya itu ada dalam penginderaan jauh.

Bagaimana foto udara diperoleh? Pada dasarnya foto udara diperoleh seperti kamu melakukan pemotretan dengan kamera biasa, akan tetapi cara perolehan foto udara menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Pada saat kamu melihat dan menggunakan foto udara untuk mengidentifikasi atau menemukan ciri-ciri objek dan menilai pentingnya objek tersebut tanpa kontak langsung dengan objek tersebut, kamu telah menerapkan ilmu penginderaan jauh. Beberapa ahli telah mengungkapkan definisi penginderaan jauh.

Namun, cobalah definisikan apa itu penginderaan jauh menurutmu? Untuk mengetahui penginderaan jauh lebih dalam, mari kita terlebih dahulu mempelajari sistem penginderaan jauh atau komponenkomponen penginderaan jauh.





Definisi Penginderaan Jauh

1. Menurut Lillesand dan Kiefer
Penginderaan jauh adalah ilmu atau seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau gejala, dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat, tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau gejala yang akan dikaji.

2. Menurut Lindgreen
Penginderaan jauh merupakan teknik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang Bumi. Informasi tersebut berbentuk radiasi yang dipantulkan atau dipancarkan objek di permukaan Bumi.

Di beberapa negara, penginderaan jauh disebut dengan istilah yang berbeda. Di Inggris dikenal dengan remote sensing, di Prancis disebut teledetection, sensariamento remota di Spanyol, di Jerman dikenal sebagai fernerkundung.

0 komentar:

Post a Comment