December 28, 2012

Versi materi oleh Eni A dan Tri H


Berkunjung ke beberapa negara maju, apa yang terbayang dalam benakmu? Gedung-gedung yang menjulang tinggi, orangorang yang sibuk bekerja, atau mobil-mobil yang berjejalan di jalanan? Yang pasti di beberapa segi kehidupan akan terlihat perbedaan antara negara maju dan negara berkembang. Negara maju yang akan kita ambil sebagai contoh adalah Amerika Serikat. Ya, ke negara yang dikenal sebagai negeri Paman Sam. Banyak hal yang menjadi ciri dari negeri serbaada ini.

Mulai dari patung Liberty, gedung-gedung pencakar langit, sampai julukan sebagai negara super power karena kekuatan militernya. Kekuatan ini pun ditunjukkan oleh Amerika dengan hak veto yang diberikan PBB kepadanya. Apakah ini pertanda Amerika Serikat ingin menunjukkan diri sebagai negara maju? Boleh jadi demikian, tetapi marilah kita tengok kondisinya agar kamu benar-benar yakin akan kekuatan dan kemajuan negara tersebut.

Agar kamu mendapatkan bayangan mengenai karakteristik negara ini, ikutilah materi berikut ini.





1) Kondisi Ekonomi

Raksasa ekonomi dunia memang julukan yang patut diberikan kepada negara ini. Bagaimana tidak? Negara ini memiliki keunggulan dalam bidang ekonomi. Keunggulan ini didorong oleh sumber daya yang dimiliki negara Amerika Serikat, baik sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas, maupun sumber daya alam yang melimpah. Dalam kancah dunia perekonomian internasional, Amerika merupakan negara yang paling kuat, beragam dan mampu mengembangkan teknologi. Bahkan mampu bertahan pada saat krisis ekonomi melanda dunia. Salah satu kunci kesuksesan Amerika adalah keluwesan perusahaan-perusahaan di Negara tersebut. Contohnya, apabila permintaan terhadap barangbarang manufaktur menurun, perusahaan-perusahaan di negara ini segera meresponsnya dengan lebih banyak menyediakan jasa.

Perekonomian Amerika Serikat pada awalnya bersandar pada sektor pertanian. Tetapi selama lebih dari dua abad, sejak tahun 1770 sampai 1980, negara ini telah berevolusi dari negeri yang ekonominya bertumpu pada pertanian menjadi Negara industri paling perkasa di dunia. Nah, kondisi ini merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh negara maju, di mana sector industri menjadi sektor utamanya. Meskipun begitu Amerika tetap menjadi salah satu produsen pangan terkemuka di dunia dan produk industrinya masih tetap lebih besar dari Negara mana pun.

2) Kondisi Penduduk
Nah, sekarang akan kita bahas mengenai kondisi penduduk Amerika Serikat. Untuk mengawalinya, tahukah kamu suku asli penduduk Amerika Serikat? Ya, tepat, penduduk asli Amerika Serikat adalah Indian. Suku ini ditempatkan di wilayah tertentu yang disebut Indian Reservation. Sebagian besar warga Amerika sekarang adalah kaum pendatang. Satu hal yang unik dari Amerika sebagai negara maju adalah adanya keragaman rakyatnya.

a) Pertumbuhan Penduduk
Berdasarkan data dari World Factbook, pertumbuhan penduduk Amerika sebesar 0,91%. Angka yang kecil apabila dibandingkan dengan negara berkembang, tetapi cukup besar untuk ukuran negara maju. Nilai ini dapat dicapai karena beberapa hal, terutama adalah peningkatan kesehatan masyarakat. Di negara ini, ilmu kedokteran sudah sangat maju. Dari penemuan-penemuan di dunia kedokteran banyak penyakit-penyakit yang bisa ditangani. Kemajuan bidang ini didukung dengan pengendalian angka kelahiran. Oleh karena itu, tingkat pertumbuhan penduduk bisa ditekan.

b) Kepadatan Penduduk
Apabila melihat tabel kepadatan penduduk yang telah disajikan, akan kamu temukan tingkat jumlah penduduk Amerika. Dan ternyata jumlah penduduk di negara ini menempati tingkat urutan ke-3 di dunia. Jumlah penduduk yang tinggi berakibat kepadatan penduduk tinggi. Angka yang mengherankan? Mungkin ya menurutmu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di negara ini lebih didorong karena tingkat imigrasi yang tinggi.

Bahkan, sekarang ini, Amerika Serikat tidak dapat membuka pintunya kepada setiap orang. Hal ini, disebabkan oleh semakin sempitnya ruang gerak di wilayah negara ini. Mengapa tingkat imigrasi di Amerika Serikat begitu tinggi? Banyak anggapan orang, terutama para imigran yang menganggap bahwa Amerika adalah negara tumpuan mereka. Mereka datang ke Amerika dengan dalih yang selama ini didengungkan oleh kaum imigran, yaitu mencari pekerjaan dengan upah yang layak untuk menghidupi diri dan keluarga mereka, serta untuk hidup di negeri yang menjanjikan kebebasan politik dan sosial bagi mereka kaum imigran.

3) Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan di Amerika Serikat sudah dibilang maju. Salah satu indikasinya adalah tingkat melek huruf di Negara ini mencapai 97 persen. Bahkan negara ini juga menerapkan sistem pendidikan yang baik, program kerja sama dengan negara lain pun diterapkan. Salah satu contohnya adalah program pertukaran pelajar AFS (American Field Service). Mungkin kamu pernah mendengarnya.

Kamu pun bisa mengikuti program ini, tentunya melalui seleksi. Negara ini juga mempunyai universitas-universitas terkenal yang menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk melanjutkan sekolahnya. Universitas-universitas besar dan terkenal antara lain Universitas Boston, Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachussets, Universitas Chicago, Universitas Dallas, dan Universitas Texas. Banyak tokoh-tokoh penemu di dunia berasal dari negara ini, seperti Alexander Graham Bell penemu pesawat telepon, Wilbur dan Orville Wright penemu pesawat terbang, Thomas Alfa Edison penemu bola lampu listrik, serta Ernest Hemingway seorang sastrawan terkenal.

4) Kemajuan Teknologi
Seperti telah dikatakan sebelumnya bahwa untuk memperkuat ekonomi di negara ini, bidang teknologi pun dipacu agar selalu menghadirkan kecanggihan-kecanggihannya. Contohnya teknologi pesawat ulang-alik yang dahulu pernah terjadi persaingan hebat antara negara ini dengan Negara Uni Soviet. Teknologi-teknologi yang mendukung perindustrian juga terus dikembangkan. Hasilnya dapat kita lihat sekarang, negara ini semakin menjadi raksasa perekonomian dunia.

0 komentar:

Post a Comment