January 2, 2013



Versi materi oleh Firrar U


Langsung saja kita bahas, Google hanya akan menampilkan semua Web yang mengandung kata semua kunci yang Anda masukkan. Kata kunci yang anda masukkan secara sepesifikpun masih terlalu luas untuk masin pencari sebesar Google. Secara garis besar cara untuk menyempurnakan pencarian anda adalah sebagai berikut.


1. Mengecualikan kata-kata.
Caranya adalah dengan menempatkan tanda minus ( - ) langsung di depan kata yang ingin dihindari. Jangan lupa untuk menempatkan spasi kosong sebelum tanda minus.

2. Pencarian Frase.
Caranya adalah dengan menggunakan tanda kutip ( “kata pencarian” ). Cara ini sangat berguna untuk mencari ucapan yang terkenal atau nama – nama sesuatu. Google mengenali tanda minus, garis miring, titik, sama dengan, dan apostrof sebagai penghubung frase.

3. Batasi Domain.
Caranya adalah dengan menggunakan titik dua ( : ), contohnya adalah ( site:sampledomain.com ). Beberapa kata jika diikuti sebuah titik dua mempunyai arti khusus bagi Google.

4. Search By Category
Caranya adalah pada layanan google directory ( pada directory.google.com ) yang memberikan hasil pencarian yang nyaman. Contohnya pencarian ( Saturn ) dalam kategori Science -> Astronomy dari google dorectory hanya akan menghasilkan page mengenai Saturn sebagai planet, bukan sebagai mobil, game atau konteks lainnya.

5. Pencarian Canggih.
  • Google menyediakan beberapa fitur pembantu dalam pencarian anda seperti :
  • Batasi pencarian pada page atau site
  • Kecualikan page dari site tertentu
  • Batasi pencarian ke page dalam bahasa tertentu
  • Temukan semua page yang berkaitan pada suatu page web
  • Temukan page yang berhubungan dengan suatu page web


0 komentar:

Post a Comment