June 2, 2013

Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain. Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.



Instalasi Mesh 

Kebanyakan jaringan yang menggunakan topologi mesh akan mengalami kesulitan dalam instalasi jika peralatan yang terhubung jumlahnya bertambah banyak, karena jumlah hubungan yang disambungkan semakin banyak jumlahnya. Jadi jika ada n peralatan (komputer) yang akan kita sambungkan, maka perhitungannya adalah n(n-1)/2. Jadi jika terdapat 5 komputer, maka hubungan yang akan dibuat sebanyak 5(5-1)/2 atau 10 hubungan. Jadi jika komputer yang terhubung semakin banyak maka semakin banyak pula hubungan yang akan diatur. Topologi ini cocok untuk digunakan pada sistem yang kecil.


Keuntungan dari Penggunaan Topologi Mesh 

• Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance. 
• Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih. 
• Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot. 


Kerugian dari Penggunaan Topologi Mesh 

• Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya. 
• Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih. 

1 komentar:

  1. jadi inget dulu pas belajar di D1 manajemen informatika. tiap tipologi memiki kekurangan dan kelebihan masih2. ditunggu kunjungan dan komentar baliknya ya

    ReplyDelete