July 30, 2013




Biosfer adalah lapisan lingkungan kulit bumi, air, dan udara yang mendukung kehidupan organisme. Persebaran makhluk hidup di permukaan bumi tidak merata tergantung dari faktor-faktor iklim, tanah, relief, dan tindakan manusia.

Indonesia kaya dengan bermacam-macam tumbuhan. Kekayaan flora di Indonesia dapat dibuktikan dengan adanya 4.000-an macam pohonpohon, 1.500-an macam pakis-pakisan, dan 5.000-an macam anggrek. Keberadaan bermacam-macam tumbuhan di suatu tempat dipengaruhi oleh iklim. Tumbuhan di daerah iklim tropis tentu berbeda dengan tumbuhan di daerah iklim dingin. Selain faktor iklim, tanah dan air juga merupakan faktor pengaruh terhadap persebaran vegetasi. Tumbuhan di daerah tanah kapur berbeda dengan tumbuhan di daerah tanah merah (laterit). Tumbuhan di daerah yang banyak air berbeda dengan tumbuhan di daerah yang kurang air atau daerah yang kering.

Oleh karena beriklim tropis dan banyak mendapat hujan, Indonesia mempunyai hutan-hutan lebat, yang disebut hutan hujan tropis. Pembagian hutan di Indonesia berdasarkan iklim menurut W. Köppen dapat dibedaan menjadi tiga wilayah, yaitu meliputi barat, timur, dan tengah. Lanpoole membedakan daerah tumbuh-tumbuhan (hutan) berdasarkan tinggi tempat, yaitu hutan dataran rendah, hutan kaki gunung, hutan lumut, dan hutan gunung tinggi.

Berbagai jenis hutan yang ada di Indonesia memiliki manfaat menyimpan serta mengatur persedaan air, menyuburkan tanah, mencegah erosi dan tanah longsor, menjaga keseimbangan air tanah, menghasilkan bahan mentah untuk industri dan bahan bagunan, dan mengurangi polusi udara. Wilayah pantai/pesisir mempunyai ekosistem yang beranekaragam seperti hutan mangrove, terumbu karang, padang lamun, dan rumput laut.


0 komentar:

Post a Comment