August 15, 2013


Versi materi oleh Dibyo S


1. Suhu Air Laut (Temperatur dan Tekanan Air Laut)

Suhu air laut sangat dipengaruhi sinar matahari. Biasanya suhu air laut di daerah tropis 28oC, sedangkan di daerah kutub -3oC di bawah titik beku. Tekanan air laut makin ke dalam makin besar. Untuk mengukur besarnya tekanan air laut kita harus mengetahui bahwa setiap 1 m3 air laut beratnya ± 115 kg. Tekanan pada permukaan air laut tiap m3 = 10.000 kg. Jadi, pada kedalaman 1.000 m tekanan air laut = 1.000 x 115 kg + 10.000 kg = 125.000 kg.



2. Kecerahan Air Laut

Perbedaan warna air laut disebabkan oleh perbedaan kandungan zat larutan atau organisme yang ada di dalam laut tersebut.

Warna-warna air laut di antaranya sebagai berikut.

a. Warna putih 
karena selalu ditutupi oleh es.
b. Warna hijau 
akibat lumpur atau endapan dekat pantai memantulkan warna hijau atau karena banyak plankton yang memantulkan warna hijau.
c. Warna biru 
akibat pantulan warna biru sinar matahari terdiri atas banyak gelombang warna. Jika cahaya itu memancar ke atas samudera gelombang warna biru dipantulkan kembali.
d. Warna kuning
karena lumpur kuning yang dibawa dari Sungai Hoang Ho.
e. Warna hitam 
karena di dalam laut banyak terdapat organisme-organisme yang mengalami penguraian tidak sempurna.
f. Warna merah 
karena banyak ganggang merah di sekitar laut tersebut.



3. Kadar Garam (Salinitas)

Air laut rasanya asin karena mengandung bermacam-macam garam. Garam-garam itu berasal dari batu-batuan yang terdapat di daratan yang mengalami pelapukan akibat panas dan hujan sehingga larut dalam air. Larutan garam tersebut kemudian terbawa ke laut oleh sungai-sungai. Kadar garam air laut adalah banyaknya garam yang terdapat dalam 1 kg air laut dan dinyatakan dengan permil (‰) atau persen (%). Kadar garam air laut rata-rata 3,5%.

Besar kecilnya kadar garam air laut dipengaruhi faktor-faktor sebagai berikut.

a. Penguapan
Makin besar penguapan kadar garamnya makin tinggi.
b. Pemasukan Air Tawar
Semakin banyak air tawar yang masuk kadar garam semakin rendah. Di lautan terbuka air tawar berasal dari hujan, di daerah pantai dari sungai dan hujan, dan di daerah kutub dari mencairnya es.
c. Percampuran Air
Adanya percampuran air permukaan dan air dari dalam yang kadar garamnya berlainan, dapat menurunkan kadar garam air laut. Kadar garam laut di Indonesia hanya ± 3,3%. Jadi, termasuk rendah karena daerah tropis banyak turun hujan di samping banyak sungai yang muaranya ke laut.

0 komentar:

Post a Comment