November 6, 2013

Versi materi oleh Marwan S


Sejarah peradaban yunani, Yunani terletak di ujung selatan jazirah Balkan yang menjorok ke Laut Tengah. Bentuknya menyerupai jari-jari tangan yang dijulurkan ke Laut Tengah, hal ini disebabkan tanah tersebut terdiri atas ujung-ujung tanah yang menjulur ke laut dan teluk di antaranya yang menjorok ke darat. Suku bangsa Yunani terdiri atas suku bangsa Doria, Aeolia, Acholia, dan Ionia. Di antara keempat suku bangsa ini, bangsa Ionia yang paling maju. Dari nama Ionia inilah lahir nama Yunani.

Bangsa Yunani percaya kepada banyak dewa (polytheisme). Dewa tertingginya Zeus yang berkedudukan di gunung Olympus. Dewa-dewa lainnya, seperti Minerva (putri Zeus sebagai dewi ilmu pengetahuan), Aphrodite (dewi kecantikan), Apollo (dewa penyair dan peramal), serta Aries (dewa perang). Tiap empat tahun sekali diadakan pesta olah raga di kota Olympia untuk menghormati dewa Zeus.

Cabang olah raga yang dilombakan atletik, gulat, dan tinju. Bangsa Yunani terkenal dengan perniagaannya, sehingga mereka berkenalan dengan kebudayaan Mesir di Afrika Utara, Palestina, Syiria, serta Mesopotamia di Asia. Mereka menjadi perantara kebudayaan-kebudayaan daerah ini. Pulau Kreta merupakan jembatan antara tiga benua dan pusat-pusat kebudayaan lama, yaitu Afrika Utara (Mesir), Asia Barat (Funisia), dan Eropa Selatan (Yunani).



Suku bangsa Yunani yang terdiri dari bangsa Doria, Aeolia, Acholia, dan Ionia saling bermusuhan satu sama lainnya, terutama bangsa Doria (Sparta) dengan bangsa Ionia (Athena). Meskipun demikian, mereka tetap menganggap satu keturunan yang sama, yaitu Hellen. Oleh karena itu, mereka menyebut dirinya bangsa Hellen. Negerinya disebut Hellas.

Pada masa pemerintahan Pericles (490429 SM) dibangun kuil-kuil yang indah untuk para dewa. Di bukit Akropolis didirikan kuil megah Parthenon, yang diarsiteki Iktianus. Pujangga Homerus mengarang buku “Illias dan Odyssea” yang isinya menceritakan perang antara tentara Yunani dengan Troya.



Negara bangsa Yunani disebut negara kota. Dua buah polis yang terkenal adalah Athena dan Sparta seperti terlihat di bawah ini:

1 Athena
Athena adalah negara laut (maritim) yang mengutamakan perniagaan. Pemerintahan dan pendidikannya bersifat demokratis. Dari Athena muncul orang-orang pandai ahli pengetahuan seperti Socrates (abad ke – 6 SM), Plato (abad ke – 5 SM), dan Aristoteles (abad ke – 4 SM). Demikian pula para seniman seperti Phidias (seorang arsitek dan pemahat terkenal), Sophocles (penulis cerita sandiwara yang termasyur). Pada awalnya pemerintahan Athena adalah aristokrasi – kekuasaan dipegang oleh kaum bangsawan.
2 Sparta
Sparta merupakan ibu kota bangsa Doria yang terletak di jazirah Peleponesos. Sparta dikepalai oleh seorang raja yang merangkap kepala angkatan perang, kepala agama, dan kepala pengadilan. Pada masa perang, kepala negara ini mempunyai kekuasaan mutlak. 



Hasil kebudayaan bangsa Yunani dapat kalian lihat di bawah ini:

1 Sastra
Banyak karya sastra dan penyair terkenal di Athena, seperti Homerus (yang mengarang “Illias dan Odyssea”), Thutydides dan Herodotus (penulis sejarah terkenal), Sopocles, Aeschylus, Aristophanes (yang menghasilkan karya-karya sandiwara).
2 Filsafat
Para ahli filsafat Yunani yang sangat terkenal antara lain: Socrates, Plato, dan Aristoteles.
3 Ilmu Pengetahuan
a. Muncul ahli-ahli sejarah, seperti Herodotus dan Thuchidides.
b. Munculnya ahli-ahli ilmu bangunan, seperti Pythagoras.
c. Munculnya ahli ilmu kedokteran Hipocrates dengan buku karyanya yang terkenal “Aphorismen dan Pragnose”.
d. Muncul ahli-ahli ilmu pengetahuan alam seperti Thales, Archimedes, dan Democritus.

0 komentar:

Post a Comment