December 10, 2013

Versi materi oleh D Endarto


Sebab Terjadinya Perang Dunia 2. Perang Dunia II sesungguhnya merupakan lanjutan dari Perang Dunia I. Hakikat dari Perang Dunia II juga merupakan persaingan antara kaum imperialisme muda yang sedang tumbuh berkembang dengan kaum imperialisme tua yang telah mempunyai kedudukan yang mantap.




1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

Perang Dunia II terjadi karena sebab-sebab berikut.
a. Jerman yang kalah dalam Perang Dunia I dan merasa sangat dihinakan dalam Perjanjian Versailles ingin membalas (revanche) kekalahan terhadap musuh-musuhnya, terutama Perancis.
b. Italia ingin mendirikan Risorgimento yang berartinya Italia Raya.
c. Jepang ingin melaksanakan politik ekspansi atau perluasan wilayah.
d. Timbulnya pertentangan ideologi Fasisme, Naziisme dan Militerisme yang anti demokrasi dengan paham-paham lainnya.
e. Perkembangan industri, persenjataan, dan krisis ekonomi dunia (terjadi pada tahun 1929)
f. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa untuk menciptakan perdamaian dan menjauhkan peperangan. Bahkan Liga Bangsa-Bangsa dalam kenyataannya merupakan alat negaranegara besar dan kegiatannya lebih banyak dalam bidang politik.



2. Sebab Khusus Meletusnya Perang Dunia II

Selain sebab umum, meletusnya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh sebab-sebab berikut.
a. Di Eropa, pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia, sebuah Negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Sebaliknya pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB, terutama Inggris dan Perancis menyerang Jerman.
b. Di Pasifik, pada tanggal 8 September 1941 Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Teluk Mutiara (Hawaii)

0 komentar:

Post a Comment