January 23, 2014

Versi materi oleh D Endarto


Fungsi Asli uang - Kalian telah mengetahui dan merasakan manfaat uang dalam kehidupan sehari hari, misalnya untuk membayar atau membeli sesuatu yang dibutuhkan. Ini menunjukakan bahwa uang mempunyai banyak fungsi. Dan Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja fungsi asli uang itu.




Fungsi asli uang pada dasarnya adalah sebagai berikut ini :
Fungsi asli uang ada dua, yaitu uang sebagai alat tukar dan uang sebagai satuan hitung.


1) Uang sebagai Alat Tukar

Uang dapat mengatasi kesulitan dan mempermudah pertukaran barang. Kesulitan dalam tukar-menukar secara barter dapat diatasi dengan adanya perantara uang. Dengan uang, tukar-menukar barang menjadi mudah dan lancar. Contoh, seorang petani membutuhkan baju, ia akan kesulitan menentukan ukuran apabila menukar beras miliknya dengan baju di toko baju. Akan tetapi dengan adanya uang kesulitan pertukaran beras dengan baju dapat diatasi. Beras milik petani itu dijual sehingga ia akan memperoleh uang, dengan uang itu ia dapat membeli baju yang diinginkannya.

Dengan perantara uang, maka proses tukar menukar dapat berlangsung sebagai berikut.
a) Barang ditukar uang kemudian uang ditukar barang yang dibutuhkan (barang - uang - barang)
b) Barang ditukar uang kemudian uang ditukar jasa yang dibutuhkan (barang - uang - jasa)
c) Jasa ditukar uang kemudian uang ditukar barang yang dibutuhkan (jasa - uang - barang)
d) Jasa ditukar uang kemudian uang ditukar jasa yang dibutuhkan (Jasa - uang - jasa)


2) Uang sebagai Satuan Hitung

Uang dapat digunakan untuk menentukan hitungan suatu barang atau jasa, besarnya kekayaan, dan menghitung besarnya kredit atau hutang. Misalnya di toko pakaian harga sebuah kaos Rp25.000,00 dan sebuah kemeja Rp50.000,00. Jika seseorang akan membeli kedua barang itu maka ia harus membayar dengan uang senilai Rp75.000,00. Dapat dikatakan bahwa harga sebuah kemeja sama dengan harga dua buah kaos.


Kini kita sudah mengetahui apa saja fungsi uang itu, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment