February 10, 2014

5 Trik cara antisipasi Malware, Spyware dan Phishing – Masih pada ancaman potensial pada internet. Setelah kita bahas apa saja macam dan Pengertian serta bahayanya, kini kita tiba pada bagaimana cara paling jitu untuk mengantisipasinya.

Yaitu bagaimana mengantisipasi ancaman Malware, Spyware dan Phishing ? Ketiganya adalah ancaman yang serius, karena itu langsung saja admin berikan infonya. Hal hal dibawah sangat berguna untuk keselamatan berinternet anda.



Trik Antisipasi Serangan Malware




1) Pastikan Anda mem-backup data di komputer secara rutin. Malware tidak hanya dapat mencuri informasi perbankan atau informasi pribadi lainnya, tetapi juga dapat menghapus seluruh isi komputer bahkan membuat computer menjadi tidak berfungsi alias rusak.

2) Jangan pernah membuka file attachment ataupun link yang berasal dari sumber yang tidak dikenal, termasuk attachment di email dan instant message.

3) Sebelum membuka file, scan terlebih dahulu file tersebut dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus Anda secara rutin.

4) Perbarui sistem keamanan dan web browser Anda dengan patch terbaru.

5) Jika tiba-tiba salah satu teman yang ada dalam daftar instant messanger mengirimkan pesan aneh, file, ataupun link yang mencurigakan, jangan dibalas ataupun membuka link tersebut. Segera tutup saja window chat tersebut.



Trik Antisipasi Serangan Spyware




1) Selektiflah dalam memilih materialmaterial yang kita download dari Internet ke dalam komputer.

2) Bacalah selalu perjanjian lisensi (licensing agreements) dengan seksama, sebelum melakukan proses instalasi software.

3) Waspadailah aksi penipuan anti-spyware. Ada beberapa software anti-spyware yang justru berisi spyware. Kalau kita tidak jeli, tidak menutup kemungkinan kita terjebak aksi penipuan seperti ini. Untuk itu, telitilah sebelum men-download dan menginstal sebuah aplikasi.

4) Lakukan scan komputer secara rutin.

5) Apabila diperlukan, pasanglah software anti-spyware di komputer. Salah satu software yang bisa digunakan adalah Norton Internet Security atau Norton 360. Software ini menyediakan proteksi anti-spyware untuk melindungi computer dari ancaman keamanan.



Trik Antisipasi Serangan Phishing

1) Jangan pernah meng-klik link yang tampak mencurigakan, yang muncul di inbox e-mail Anda, instant messenger ataupun Facebook. Kemungkinan besar link ini akan mengarahkan Anda ke situs phishing.

2) Jika ingin login ke situs perbankan Anda, daripada mengklik sebuah link, lebih baik ketikkan saja alamat situs bank Anda langsung ke web browser. Perlu diketahui bahwa phisher (pelaku phishing) cukup sering menyertakan link pada halaman Web atau email, yang nantinya akan mengarahkan Anda ke situs lain untuk mengambil keuntungan.

3) Periksalah address bar pada browser Anda untuk memastikan alamat situs yang Anda kunjungi sudah benar. Halaman web yang Anda buka bisa saja tampil layaknya situs bank resmi, namun sejatinya palsu. Ingatlah, bank tidak akan pernah me-redirect url situs internet banking ke domain lain.

4) Url situs internet banking yang resmi selalu menggunakan "https" (ditandai dengan adanya icon bergambar gembok di pojok kanan bawah browser). Untuk lebih meyakinkan apakah situs yang diakses adalah situs resmi, perhatikan apakah di situs tersebut terdapat icon "Certificated", yang dikeluarkan oleh perusahaan menyediakan sertifikasi SSL (Secure Socket Layer) internasional. Contohnya: Verisign, Cybertrust, dan sebagainya.

5) Jangan pernah memberikan informasi pribadi ke siapapun. Bank tidak akan pernah menanyakan password atau PIN perbankan Anda.



Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

1 komentar:

  1. terima kasih arrtikel nya,,, komputer saya juga kena itu tuh

    ReplyDelete