March 5, 2014

Keamanan Soal UN Diperketat Apakah Masih Juga Akan Bocor ? – Dari tahun ketahun kualitas dan keamanan soal UN selalu ditingkatkan. Namun yang menjadi kendala utama masih saja kerahasiaan soal UN bocor. Tahun lalu soal UN masih juga bocor, kunci jawaban jadi lahan bisnis mengutungkan bagi segelintir orang yang hanya terlena dengan untung banyak.

Kini ditahun 2014 ini akankah soal UN masih akan bocor ? Kita tunggu saja hasilnya atas usaha Kemdikbud seperti berita dibawah ini :




Jakarta, Kemdikbud ---Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengikuti dan mengawasi proses lelang naskah soal ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2013/2014 sejak November tahun lalu. Pengawasan akan terus dilakukan Itjen Kemdikbud hingga proses pencetakan dan distribusi naskah soal dan lembar jawaban UN sampai ke daerah-daerah.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud Haryono Umar mengatakan, Itjen dan Balitbang Kemdikbud telah melakukan visitasi ke perusahaan pemenang lelang pencetakan naskah soal dan lembar jawaban UN. Kelima perusahaan tersebut yaitu PT Karya Kita, PT Temprina Media Grafika, PT Jasuindo Tiga Perkasa, PT Mascom, dan PT Balebat.

“Visitasi dilakukan untuk meyakinkan bahwa mereka betul-betul kredibel dan mampu menjalankan tugasnya. Kemungkinan resiko tetap ada,” ujarnya usai pelantikan pejabat di lingkungan Itjen Kemdikbud, di Jakarta, (3/3/2014).

Ia mengatakan, naskah soal dan lembar jawaban UN harus didistribusikan hingga ke pelosok-pelosok daerah. Perusahaan-perusahaan tersebut akan mendistribusikan naskah soal dan lembar jawaban UN dengan menggunakan angkutan komersial yang jumlahnya terbatas, sementara jumlah naskah soal dan lembar jawaban UN yang harus didistribusikan sangat banyak.

“Karena itu sudah kita ingatkan berkali-kali, bagaimana kontraktor siap menjalankan tugasnya sampai distribusi pada titik terakhir. Mereka harus bertanggungjawab sampai di situ,” tegas Haryono.

Mantan pimpinan KPK itu menambahkan, Itjen Kemdikbud akan melakukan pengawasan dengan menugaskan auditor-auditornya untuk mengawasi proses pencetakan naskah soal dan lembar jawaban UN secara langsung di percetakan. Kemudian saat minggu-minggu terakhir menjelang penyelenggaraan UN, Itjen Kemdikbud juga akan menugaskan auditor-auditor melakukan pengawasan di setiap provinsi.

Haryono mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan naskah soal, serta ketepatan waktu pencetakan dan distribusinya. “Dan tentunya kita akan ikuti terus sampai selesainya UN. Jadi setiap tahapan kita ada di situ,” ujarnya. (Desliana Maulipaksi)



Sumber  : FB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

0 komentar:

Post a Comment