September 20, 2014

Karakteristik Benua Eropa - Benua ini adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.600.000 km² sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ketiga (di bawah Asia dan Afrika)


Letak, Luas, dan Batas Benua Eropa

Benua Eropa terbentang dari Tanjung Utara (North Cape) di Norwegia sampai Pulau Kreta di Laut Tengah sepanjang 3.950 km dan membujur dari barat ke timur mulai dari Tanjung Sao Vicente di Portugal sampai pegunungan Ural di Rusia sejauh 5.300 km. Letak astronomisnya antara 35OLU – 71O06’LU dan 9O27’BB – 66O20’BT. Luas Benua Eropa sekitar 10.800.000 km2 atau 7% dari luas daratan di bumi. Laut Mediterania di selatan memisahkan Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudra Atlantik.


Keadaan Alam Benua Eropa

a) Iklim
Di antara kelima benua di dunia, hanya di Benua Eropa yang tidak dijumpai iklim tropis. Letak Benua Eropa berada di daerah sedang, sehingga di benua ini terdapat empat musim, yaitu panas, gugur, dingin, dan semi. Berdasarkan iklim fisis, di Benua Eropa terdapat enam macam iklim, yaitu iklim laut tengah, di Eropa Selatan, iklim kutub/tundra, iklim pegunungan, iklim darat di Eropa Timur, iklim laut di Eropa Barat, dan iklim peralihan di Eropa Tengah.
b) Keadaan Flora dan Fauna
Sekarang ini Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia, hutan spruce Skandinavia, hutan pine yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Caucasus, dan hutan oak cork di Mediterania. Binatang liar, seperti banteng, ibeks, bison, dan kijang berbulu halus, sekarang harus dilindungi dari pemburu dan kehidupan modern melalui cagar alam atau dikurung di kebun binatang.
c) Sungai dan Laut
Pegunungan di kawasan ini menjadi hulu sungai sebagian besar sungai-sungai di Eropa. Sungai-sungai di Eropa dapat dikelompokkan menjadi lima bagian.
(1) Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia, yaitu Sungai Volga yang merupakan sungai terpanjang di Benua Eropa.
(2) Sungai-sungai yang bermuara ke Laut Tengah di antaranya sungai Ebro di Spanyol, Sungai Rhone di Perancis, dan Sungai Po di Italia.
(3) Sungai yang bermuara ke arah utara, antara lain Sungai Wesser dan Elbe di Jerman, Sungai Oder dan Vistula di Polandia.
(4) Sungai yang bermuara ke Pantai Barat, antara lain Sungai Rhein (Sungai Rhein merupakan sungai yang teramai dilayari di dunia). Sungai Seine dan Loire di Perancis, Sungai Tagus, Douro, dan Guadiana di Portugal dan Spanyol.
(5) Sungai yang mengalir ke arah timur dan bermuara ke Laut Hitam, di antaranya Sungai Donau (Danube) di Rumania.
d) Bentang Alam
Bila kita mengamati pantai di Eropa, akan terlihat bentuk pantainya yang sangat berliku-liku, terdiri atas banyak sekali teluk dan semenanjung. Secara umum bentang alam Benua Eropa dapat digolongkan atas 4 kelompok, yaitu Pegunungan Alpen, Dataran Tinggi di Eropa Tengah, Dataran Rendah Eropa Tengah, dan Dataran Tinggi Eropa Barat.


Kependudukan Benua Eropa

a) Jumlah dan Kepadatan Penduduk
Jumlah penduduk Eropa pada tahun 2004 lebih kurang 758 juta jiwa dengan kepadatan 38 jiwa/km2. Sebagian besar penduduk Eropa berkulit putih. Benua Eropa merupakan benua yang penduduknya paling padat di dunia, meskipun pertambahan penduduknya tergolong rendah dibandingkan dengan benua-benua lain.
b) Kelompok Etnis (Bangsa)
Berdasarkan ciri-ciri fisiknya, kelompok etnis yang ada di Benua Eropa terbagi menjadi empat, yaitu bangsa Alpen, Nordik, Mediteran, dan bangsa minoritas (seperti bangsa Momgol, orang-orang Hongaria, Turki, Fin, Samoyed, Lapp, dan Krigis)
c) Tingkat Pendidikan
Secara umum, penduduk Eropa lebih dari 90% sudah terbebas dari buta hruuf. Negaranegara Eropa bagian barat dan bagian utara merupakan negara-negara kaya, jadi negaranegara itu pulalah yang relatif lebih maju dalam hal pendidikan (Inggris, Jerman, Perancis, Belanda, Denmark, Norwegia, Swedia). Sedangkan negara-negara di Eropa Selatan, relative masih kurang maju dalam hal tingkat kependidikan adalah Albania, Malta, Portugal, Yunani, dan negara-negara bekas Yogoslavia.
d) Agama
Agama mayoritas di Benua Eropa adalah Protestan, di mana kebanyakan dianut oleh negara-negara Eropa Utara (Jerman, Belanda, Luxemburg, Denmark, Norwegfia, Finlandia, Swedia). Agama Kristen Anglikan banyak dianut oleh penduduk Inggris dan Irlandia. Agama Katholik banyak dianut oleh negara-negara Eropa Barat dan Tengah (Portugal, Spanyol, Italia, Perancis, Kroasia, Polandia, dan Australia). Agama Islam dianut oleh orang-orang Turki, Albania, Krigis, dan Rusia bagian selatan. Selain itu, sekitar 0,2% penduduk beragama Yahudi.
e) Perekonomian
Kegiatan-kegiatan penduduk di Benua Eropa adalah sebagai berikut.
(1) Perikanan, yaitu terdapat di negara Rusia, Islandia, Norwegia. Islandia adalah salah satu contoh negara Eropa dengan pendapatan negara yang utama berasal dari sektor perikanan.
(2) Industri, meliputi industri berat dan ringan, antara lain industri mesin, peralatan transportasi, elektronik, logam, tekstil, makanan dan minuman. Eropa merupakan kawasan industri terbesar di dunia.
(3) Kehutanan, dengan hutan-hutan produktif yang masih tersisa terdapat di Finlandia, Swedia, Perancis dan Rusia.
(4) Pertanian, seperti tanaman anggur, jeruk, dan sayur-sayuran banyak dihasilkan oleh sejumlah negara yang terletak di sekitar Laut Tengah.
(5) Transportasi, terdapat pelabuhan dan jalur kereta api. Pelabuhan-pelabuhan tersibuk di Eropa adalah Rotterdam, London dan Antwerpen. Perusahaan kereta api dengan jaringan terluas dan termegah adalah Perancis, Jerman, dan Polandia. Sungai tersibuk sebagai arus lalu lintas adalah sungai Rhein.
(6) Pertambangan, memiliki potensi batu bara dan bijih besi yang cukup melimpah. Eropa merupakan penghasil bauksit terbesar (1/5 dari total produksi dunia), baja terbesar (3/5 dari total produksi dunia) dan bijih besi (1/2 dari total produksi dunia).
(7) Pariwisata, Eropa menyimpan potensi wisata yang begitu besar, tidak hanya pemandangan alamnya saja yang menarik, namun peninggalan sejarah masa lampau yang tersebar. Eropa sendiri merupakan pusat peradaban dunia. Kebudayaan Eropa dan peninggalan-peninggalan seperti Coloseum di Roma, Lauvre di Perancis, dan Kasino di Monte Carlo.

Karakteristik Benua Eropa



Sekian mengenai Karakteristik Benua Eropa, semoga bermanfaat. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment