January 20, 2016

11:42 PM

Jenis dan Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia - Indonesia sangat terkait dengan sejarahterbentuknya daratan di Indonesia berawal pada zaman es. Pada masa itu, wilayahIndonesia bagian Barat yang disebut juga Dataran Sunda masih menyatu dengan BenuaAsia, sedangkan Indonesia bagian Timur yang disebut juga Dataran Sahul menyatudengan Benua Australia. Dataran Sunda dan Dataran Sahul juga masih berupa daratanbelum dipisahkan oleh laut dan selat.

Keadaan tersebut menyebabkan keanekaan flora dan fauna di Indonesia bagianBarat seperti Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatera pada umumnya menunjukkankemiripan dengan flora di Benua Asia. Begitu pula dengan flora dan fauna di Indonesiabagian Timur seperti Irian Jaya dan pulau-pulau disekitarnya pada umumnyamempunyai kemiripan dengan flora dan fauna di benua Australia. Jadi, Indonesia padamasa itu menjadi jembatan penghubung persebaran hewan dari Asia dan Australia.Kemudian, pada akhir zaman es, suhu permukaan bumi naik sehingga permukaanair laut naik kembali. Naiknya permukaan air laut mengakibatkan Jawa terpisah denganBenua Asia, kemudian terpisah dari Kalimantan dan terakhir dari Sumatera. SelanjutnyaSumatera terpisah dari Kalimantan kemudian dari Semenanjung Malaka dan terakhirKalimantan terpisah dari Semenanjung Malaka.

Seorang berkebangsaan Inggris bernama Wallace mengadakan penelitianmengenai penyebaran hewan bagian Barat dengan hewan di Indonesia bagian Timur.Batasnya di mulai dari Selat Lombok sampai ke Selat Makasar. Oleh sebab itu, garisbatasnya dinamakan garis Wallace. Batas ini bersamaan pula dengan batas penyebaranbinatang dan tumbuhan dari Asia ke Indonesia. Di samping itu seorang penelitiberkebangsaan Jerman bernama Weber, berdasarkan penelitiannya tentangpenyebaran fauna di Indonesia, menetapkan batas penyebaran hewan dari Australiake Indonesia bagian Timur. Garis batas tersebut dinamakan garis Weber. Sedangkandaerah di antara dataran Sunda dan dataran Sahul oleh para ahli biografi disebut daerah Wallace atau daerah Peralihan. Mengapa disebut daerah Peralihan? Karenadi daerah ini terdapat beberapa jenis hewan Asia dan Australia, jadi merupakan daerahtransisi antara dataran Sunda dan dataran Sahul.


JENIS PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA


Sebaran Flora di Indonesia

Flora adalah dunia tumbuh-tumbuhan. Jenis tumbuh-tumbuhan yang ada padasuatu wilayah belum tentu terdapat pada wilayah lain. Indonesia berada di kawasansekitar katulistiwa, dengan demikian ditinjau dari iklimnya, termasuk iklim tropis.Flora di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu hutan hujan tropis, hutanmusim, dan hutan sabana tropik. Hutan hujan tropis hidup sepanjang tahun, hutanmusim dedaunan rontok pada musim kemarau, sedangkan hutan sabana tropikberupa rerumputan dan semak belukar. Hutan hujan tropis tersebar di Sumatera,Kalimantan dan Irian atau Papua. Hutan musim banyak tersebar di Jawa bagiantimur, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Hutan sabana tropik hanya ada di sebagiankecil wilayah Nusa Tenggara, antara lain di Pulau Sumba dan Pulau Timor.

a. Flora Asiatis
Flora Asiatis terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Flora initerdiri atas:
1) hutan bakau (mangrove) dan rawa gambut di bagian timur Sumatera
2) meranti, rotan, rawa gambut, rawa air tawar di bagian barat Sumatera.

b. Flora Australis
Flora Australis terdapat di Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Flora Australisterdiri atas:
1) hutan hujan tropis yang berupa pepohonan tinggi dan lebat;
2) hutan sagu dan nipah;
3) hutan lumut, pada dataran tinggi atau pegunungan.

JENIS PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA




Sebaran Fauna di Indonesia

Dunia hewan atau fauna di Indonesia, secara geografis terbagi menjadi duawilayah utama, dan satu wilayah peralihan. Wilayah-wilayah tersebut adalah wilayahAsiatis, wilayah Australis, dan wilayahPeralihan.

a. Fauna Asiatis
Fauna di wilayah Indonesia bagianbarat banyak menyerupai daratan Asia.Persebaran fauna di Indonesia bagianbarat, yaitu dari wilayah Sumatera, Jawa,Bali, Kalimantan hingga Selat Makasardan Selat Lombok. Fauna di daerahbagian barat ini terdapat banyakbinatang menyusui dengan ciri jenishewan besar.

JENIS PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA


b. Fauna Australis
Fauna Australis banyak terdapat di wilayah Indonesia bagian timur, berupaburung, dan jenis binatang berkantung.

Fauna Australis


c. Flora dan Fauna Peralihan
Tumbuhan di daerah pantai hampir sama dengan tumbuhan di Papua,sedangkan yang ada pada daerah pegunungan mirip dengan yang ada di Kalimantan.Sebagaimana flora, fauna di wilayah peralihan ini berjenis Asiatis dan Australis.Contohnya antara lain anoa, babi rusa, burung maleo, bengkarung dan komodo.



Sekian materi mengenai Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, semoga ini dapat bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment