January 25, 2016


Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia - Letak astronomis Indonesia antara 6LU - 11LS dan 95BT - 141BT. Dengan letak tersebut, Indonesia dilewati garis equator (0) atau disebut dengan garis khatulistiwa yang terletak di antara 0LU - 23½LU dan 0LS - 23½LS. Posisi ini menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang beriklim tropis. Seperti pada gambar di atas, terlihat hutan tropis yang ada di Indonesia. Di dalamnya banyak dihuni bermacam jenis flora dan fauna Asiatis.





KONDISI FISIK WILAYAH DAN PENDUDUK INDONESIA



1. Letak astronomis wilayah Indonesia adalah antara 95° – 141° BT dan 6°LU – 11°LS.

2. Berdasarkan letak geologis, wilayah Indonesia merupakan bagian dari rangkaian pegunungan. Pegunungan Mediteran dan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik, terletak pada pertemuan lempeng Indonesia – Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia, dan terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul dan Daerah Laut pertengahan Australia Asiatis

3. Wilayah Indonesia, hanya mengenal dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Musim penghujan terutama terjadi pada waktu bertiup angin muson barat, sedangkan musim kemarau terjadi ketika bertiup angin muson timur.

4. Beberapa jenis tanah yang ada di Indonesia antara lain tanah organik (gambut), grumusol, latosol, andosol, aluvial, dan podsol.

5. Flora di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu hutan hujan tropis, hutan musim, dan hutan sabana tropik.

6. Fauna di Indonesia, secara geografis terbagi menjadi dua wilayah utama, dan satu wilayah peralihan. Wilayah-wilayah tersebut adalah wilayah Asiatis, wilayah Australis, dan wilayah Peralihan.




Sekian mengenai Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia, semoga rangkuman materi ini dapar bermanfaat bagi semua.


0 komentar:

Post a Comment