March 8, 2016

Persebaran Kualitas dan Dampak Penduduk Indonesia



Langsung saja kita bahas bersama dengan materi dibawah ini.





Persebaran Penduduk
Beberapa wilayah negara seperti RRC, India, Jepang, USA dan Eropa memilikikepadatan tinggi. Di lain wilayah seperti Arab Saudi, Afrika Utara, Australia, AmerikaSelatan dengan kepadatan penduduk rendah.

Persebaran Penduduk Indonesia

Persebaran Penduduk Indonesia


Negara kita memiliki lebih dari 17.000 pulau, namun demikian, hanya sekitar930 pulau yang dihuni. Persebaran penduduk untuk masing-masing pulau juga tidak sama, ada pulau yang padat penduduknya dan ada pulau yang kekuranganpenduduk.

Pulau Jawa yang luasnya kurang lebih hanya 7 persen dari seluruh wilayah Indonesia (123.187 km2) tetapi dihuni oleh 60 % dari seluruh penduduk Indonesia. Sebaliknya Papua yang luasnya 421.981 km2jumlah penduduknya hanya 0,85 persendari seluruh penduduk Indonesia.



Kualitas Penduduk
Kualitas penduduk terkait dengan masalah kesehatan. Kesehatan pendudukmerupakan salah satu indikator dari kesejahteraan suatu bangsa. Apabila suatu bangsamemiliki tingkat kesehatan yang baik, maka hal tersebut merupakan bentukkesejahteraan bangsa tersebut. Indikator yang dipergunakan untuk mengetahuitingkat kesehatan suatu bangsa antara lain adalah:
1. tenaga dan fasilitas kesehatan yang tersedia,
2. usia harapan hidup, dan
3. angka kematian.

Angka usia harapan hidup masyarakat di negara maju biasanya cukup panjang.Hal itu karena masyarakat negara maju tingkat kesejahteraannya sudah bagus. Angkausia harapan hidup selalu berubah. Semakin sejahtera semakin tinggi angkanya.Pada awal kemerdekaan tingkat kesehatan penduduk Indonesia sangat rendahkarena:
1. Kurangnya sarana kesehatan.
2. Rendahnya pemahaman tentang hidup sehat.
3. Pengobatan masih tradisional.

Angka kematian di Indonesia masih cukup tinggi. Kurang lebih 7,9 per seribupenduduk pada akhir dekade 80-an. Kematian bayi juga masih cukup tinggi yaitu10,6 perseribu penduduk pada akhir pelita IV.Pemerintah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendudukmelalui tingkat kesehatan, antara lain adalah:
1. Program perbaikan gizi.
2. Penambahan tenaga medis.
3. Pemberantasan penyakit menular.
4. Memperbanyak jumlah sarana dan prasarana kesehatan.
5. Peningkatan penyuluhan kesehatan.
6. Posyandu.
7. Pemberian makanan tambahan.
8. Program keluarga berencana.
9. Peningkatan kualitas perumahan.

Kondisi kesehatan di Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut:

Kualitas Penduduk




Dampak Ledakan Penduduk
Jumlah penduduk dapat bertambah dengan sangat besar. Hal itu dapat terjadibila tingkat kelahiran meningkat tajam dan angka kematian menurun drastis.Penurunan kematian dan kenaikan tingkat kelahiran terjadi karena semakinbagusnya tingkat kesehatan. Pertumbuhan penduduk yang tinggi umumnya terjadidi negara-negara berkembang seperti Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang tinggijika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akanmenurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Di samping itu, kerusakan danpencemaran lingkungan hidup semakin parah akibat dieksploitasi oleh pendudukuntuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran,kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya.



Sekian materi mengenai Persebaran Kualitas dan Dampak Penduduk Indonesia,semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment