HASIL SIDANG PPKI TANGGAL 22 AGUSTUS 1945

Hasil Sidang PPKI Tanggal 22 Agustus 1945 - Adalah menghasilkan keputusan sebagai berikut.
1. Pembentukan Komite Nasional.
2. Pembentukan Partai Nasional lndonesia.
3. Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

Sebagai tindak lanjut keputusan PPKI hasil sidang tanggal 22 Agustus 1945 maka pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan tentang pembentukan BKR (Badan Keamanan Rakyat). Pembentukan BKR (bukan tentara) dengan maksud agar tidak memancing permusuhan dengan kekuatan asing di Indonesia. Anggota BKR merupakan himpunan bekas anggota PETA. Heiho, Keisatsutai (polisi), Seinendan, Keibodan, KNIL, dan Laskar Rakyat. BKR didirikan sebagai taktik dan berfungsi secara militer untuk melucuti senjata pasukan Jepang dan tawanan perang Eropa.

Berdirinya BKR itu ditindaklanjuti dengan pembentukan BKR pusat dan BKR daerah. Pemimpin BKR pusat adalah Kaprawi (Ketua Umum), Sutalaksana (Ketua I) dan Latief Hendradiningrat (Ketua II). Para pemimpin BKR daerah, antara lain Aruji Kartawinata (Jawa Barat), Sudirman (Jawa Tengah), dan drg. Mustopo (Jawa Timur).

HASIL SIDANG PPKI TANGGAL 22 AGUSTUS 1945



Sebelumnya mengenai Hasil Sidang PPKI Tanggal 19 Agustus 1945 ini dapat menambah pengetahuan anda.


Pada tanggal 2 September 1945 dalam musyawarah pangreh praja seluruh Jawa menyatakan ketaatannya kepada Presiden. Dengan demikian aparat sipil yang terpenting dari tingkat Kabupaten ke bawah sudah dikuasai bangsa Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 25 September 1945 Presiden Soekarno mengeluarkan pernyataan bahwa semua pegawai negeri sebagal pegawai Republik Indonesia. Walaupun lembaga-lembaga pemerlntahan di tingkat pusat maupun daerah sudah ditata namun masih memerlukan perjuangan untuk merebut kekuasaan di segala kantor, jawatan, departemen, karesidenan dan lainlain yang waktu itu dipimpin oleh Jepang.

0 Response to "HASIL SIDANG PPKI TANGGAL 22 AGUSTUS 1945"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel