PENGERTIAN HUKUM KURVA DAN ELASTISITAS PENAWARAN (SUPPLY)

Pengertian Hukum Kurva dan Elastisitas Penawaran (Supply) – Adalah mari kita bahas dengan materi dibawah ini:


Pengertian Penawaran

Apakah penawaran itu? Penawaran (supply) adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dalam periode waktu tertentu. Dalam merumuskan definisi penawaran, faktor-faktor (selain harga barang yang bersangkutan) dianggap tetap. Oleh karena itu, banyaknya jumlah barang yang ditawarkan hanya dipengaruhi oleh harga barang itu sendiri. Secara umum (tidak menunjuk jenis barang tertentu), faktor-faktor yang dianggap tetap tersebut adalah:
a. harga-harga faktor produksi,
b. teknik produksi,
c. kebijakan pemerintah, dan
d. harapan/dugaan produsen terhadap harga di masa datang.



Hukum Penawaran

Hukum penawaran menjelaskan tentang adanya hubungan positif antara tingkat harga dan jumlah barang yang ditawarkan. Hukum penawaran berbunyi: “Jika tingkat harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah, dan sebaliknya jika tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang”. Dalam kenyataannya, jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual tidak hanya dipengaruhi oleh harga barang itu sendiri, tetapi juga ada faktor-faktor lain yang ikut memengaruhinya. Oleh karena itu, hukum penawaran juga berlaku secara ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap), sebab hukum penawaran hanya mencerminkan hubungan antara dan tingkat harga barang yang bersangkutan dan jumlah barang yang ditawarkan.



Kurva Penawaran

Kurva penawaran adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual pada waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan contoh tabel dan kurva penawarannya.

PENGERTIAN HUKUM KURVA DAN ELASTISITAS PENAWARAN (SUPPLY)


Dari tabel di samping dapat dibuat kurva penawarannya sebagai berikut.

PENGERTIAN HUKUM KURVA DAN ELASTISITAS PENAWARAN


Untuk membuat kurva penawaran, pasangkan harga dan jumlah yang ditawarkan sehingga diketahui titik koordinatnya. Dari tiga titik koordinat itu dapat dibuat kurva penawarannya.

Untuk memahami gambar kurva tersebut, perhatikanlah keterangan berikut ini.
a. Sumbu vertikal (tegak), menunjukkan tingkat harga (Price, disingkat P).
b. Sumbu horisontal (mendatar), menunjukkan jumlah barang yang ditawarkan (Quantity, disingkat Q).
c. Pada tingkat harga (P) yang lebih rendah, jumlah barang yang ditawarkan (Q) juga lebih rendah. Sebaliknya, pada tingkat harga (P) yang lebih tinggi juga diikuti oleh jumlah barang yang ditawarkan (Q) yang lebih tinggi pula.
d. Kurva penawaran ditunjukkan dengan garis SS.
e. Garis SS yang naik dari kiri bawah ke kanan atas sesuai dengan hukum penawaran.



Elastisitas Penawaran

Dalam hukum penawaran dinyatakan bahwa harga barang memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan. Kuatnya pengaruh ini diukur dengan elastisitas. Rumus untuk menghitung koefisien elastisitas penawaran adalah.

SUPPLY


Dapatkah kamu merumuskan definisi elastisitas penawaran? Elastisitas penawaran adalah kepekaan akibat perubahan tingkat harga terhadap jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Pada dasarnya koefisien elastisitas menunjukkan berapa persen jumlah barang yang ditawarkan berubah apabila harga barang berubah satu persen. Jadi apabila es = 2, artinya apabila harga berubah satu persen maka jumlah barang yang ditawarkan naik dua persen.

Berdasarkan besarnya angka koefisien (harga mutlak), elastisitas penawaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
Jika angka E > 1 disebut elastik.
Maksudnya, setiap perubahan tingkat harga 1 % menyebabkan perubahan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan lebih dari 1 %.
Jika angka E < 1 disebut inelastik.
Maksudnya, setiap perubahan tingkat harga 1 % menyebabkan perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan persentase yang kurang dari 1 %.
Jika angka E = 1 disebut elastik uniter.
Maksudnya, persentase perubahan barang yang ditawarkan sama dengan persentase perubahan tingkat harga.
Jika angka E = 0 disebut inelastik sempurna.
Maksudnya, setiap terjadi perubahan tingkat harga tidak memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan.
Jika angka E= ~ (tidak terhingga) disebut elastik sempurna.
Maksudnya, pada tingkat harga tertentu dimungkinkan terjadi perubahan jumlah barang yang ditawarkan secara tidak terbatas.

0 Response to "PENGERTIAN HUKUM KURVA DAN ELASTISITAS PENAWARAN (SUPPLY)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel