May 19, 2013




“Apa itu SEO ?” 

Untuk Anda yang pertama kali mendengar kata SEO mungkin akan sedikit asing dengan kata-kata tersebut. SEO ( Search Engine Optimization ) adalah sebuah teknik atau cara Anda untuk mengoptimasi situs Anda agar menempati posisi atau halaman pertama search engine. 

“Untuk apa kita belajar SEO ? “ 

Seperti yang saya katakan SEO bermaksud untuk membuat situs kita menempati minimal halaman pertama search engine yang tujuannya agar situs kita mendapatkan banyak trafik/pengunjung yang dihasilkan oleh search engine kedalam situs kita tersebut. Jadi disini sudah jelas bahwa tujuan utama dari belajar SEO adalah bukan hanya membuat situs kita menempati halaman pertama search engine melainkan mendapatkan banyak trafik dari search engine. 

“Bukannya kalau sudah menempati halaman pertama sudah pasti banyak trafik ?” 

Memang benar dengan SEO dapat membuat situs kita masuk kehalaman pertama search engine, tapi yang perlu Anda garis bawahi disini adalah tidak semua situs yang menempati posisi pertama google mendapatkan banyak trafik. Jadi sudah jelas, menempati halaman pertama search engine tidak menjamin situs kita akan banyak pengunjung yang dihasilkan oleh search engine. 

“Kenapa bisa seperti itu, bisa Anda jelaskan ?” 

Secara simple-nya seperti ini, untuk mendapatkan banyak pengunjung dari search engine maka kita harus tau dulu apa saja yang paling sering dicari orang menggunakan search engine, dengan banyaknya pencarian untuk kata tersebut dan situs yang muncul dihalaman pertama adalah situs kita, maka search engine akan mendatangkan banyak pengunjung kedalam situs kita. Sebaliknya jika jumlah pencarian untuk kata-kata tersebut sedikit, walaupun situs Anda menempati posisi pertama google, pengunjung yang dihasilkan search engine tidak akan maksimal.

“Baiklah saya sudah paham sekarang, lalu apa yang harus saya lakukan untuk memulainya ?” 

Seperti yang saya katakana diatas bahwa hal terpenting dalam mendatangkan banyak trafik adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu kata-kata apa yang banyak pencariannya melalui search engine dan inilah langkah awal kita atau langkah pertama kita dalam melakukan teknik SEO. Teknik yang lebih dikenal dengan nama “Research Keyword”. Teknik ini akan saya jabarkan pada postingan berikutnya.


0 komentar:

Post a Comment