November 11, 2013


Versi materi oleh  Marwan S


Pada masa prasejarah permukaan bumi ini dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup, mulai dari hewan, tumbuhan dan manusia. Manusia awal yang mendiami bumi ini sering kita sebut sebagai manusia purba. Wilayah kepulauan Indonesia merupakan tempat-tempat penemuan fosil-fosil manusia purba, bahkan termasuk daerah penemuan fosil manusia purba terbesar di dunia. Berdasarkan temuan-temuan fosil inilah para ahli dapat menjelaskan perkembangan biologis manusia purba di Indonesia.


Untuk menguraikan perkembangan biologis manusia purba di Indonesia dapat diketahui berdasarkan pembagian zaman, sebagai berikut:


1. Arkaeozoikum.

Zaman yang tertua berlangsung kira-kira 2.500 juta tahun. Kulit bumi panas sekali, tak ada kehidupan sedikit pun. Baru pada akhir zaman ini mulailah tampak keadaan hidup sedikit demi sedikit.


2. Properozoikum.

Zaman peralihan dari arkaeozoikum ke palaeozoikum yang dibedakan menjadi 3 (tiga) zaman seperti yang kalian lihat pada tabel di bawah ini:

1 Palaeozoikum
Dalam zaman ini berlangsung 340 juta tahun yang lalu, sudah nyata ada kehidupan, mulai dari binatang-binatang terkecil yang tak bertulang punggung sampai kepada jenis ikan dan permulaan amphibi serta reptil. Zaman ini dinamakan Zaman Pertama.

2 Mesozoikum
Zaman hidup pertengahan juga dinamakan zaman kedua, berlangsung 140 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini hidup berkembang kehidupan dengan sangat cepat. Jumlah bangsa ikan, amphibi dan reptil semakin banyak. Reptil mencapai bentuk yang luar biasa besarnya. Fosil-fosilnya banyak ditemukan di seluruh dunia, seperti Dinosaurus panjangnya 12 meter, Atlantosaurus 30 meter. Burung sudah tampak, juga binatang yang menyusui yang masih rendah tingkatannya. Tetapi sebagian besar didiami oleh reptile sehingga zaman ini dikenal pula dengan sebutan Zaman Reptil.

3 Kaenozoikum
Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu:
a) Zaman Tersier.
Binatang-binatang menyusui berkembang dengan sepenuhnya, sedangkan reptil raksasa lambat laun lenyap dan primat dalam zaman ini sudah tampak. Kera sudah banyak jenisnya. Kera manusia juga sudah ada.
b) Zaman Kuarter.
Zaman terpenting bagi kehidupan manusia, karena sebagian pendapat umum telah diterima bahwa waktu itu mulailah ada manusia. Zaman ini dimulai sejak 600.000 tahun yang lalu.

0 komentar:

Post a Comment