July 2, 2014

Versi materi oleh FKT UNY


Memeriksa Hasil Perbaikan Periferal dan penyusunan laporan – Setelah kita membahas mengenai persiapan  persiapan langkah langkah maupun alat alat untuk melakukan perbaikan peripheral dan dilanjutkan dengan cara cara melakukan perbaikan periferal. Kini kita tiba pada materi pemeriksaan perbaikan peripheral.

Untuk selanjutnya simaklah materi materi berikut ini ;


  • Pemeriksaan Periferal

Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan pada Device Manager pada komputer. Pengecekan pada device manager dilakukan dengan klik kanan My Computer >> Properties >> Hardware >> Device Manager.


tampilan device manager


Pada kotak dialog tersebut di atas terdapat semua hardware yang terpasang pada komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstal dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda “!” pada hardware tersebut. Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau penginstalan, akan terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.



  • Penyusunan laporan

Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah periferal perlu dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan dapat berupa log sheet atau sejenisnya, dengan log sheet yang dibuat setiap melakukan perbaikan terhadap periferal akan mempermudah pengecekan kondisi komputer dan periferalnya.
Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:
•Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal
•Nama periferal : nama atau jenis periferal yang dimaintenance
•Gejala kerusakan : gejala dari periferal yang mengalami kerusakan
•Tindakan korektif : tindakan yang dilakukan untuk melakukan perbaikan terhadap periferal.
•Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan periferal.


contoh tabel laporan log sheet



Itulah materi mengenai pemeriksaan perbaikan peripheral. Semoga anda mengerti dan bisa bermanfaat. Setidaknya anda bisa perbaiki peripheral computer anda dirumah masing masing.


0 komentar:

Post a Comment