December 1, 2018


Kamu pasti pernah mengamati transaksi jual beli, baik itu di pasar, di toko atau kios, di kantin, atau di perempatan jalan. Bahkan mungkin kalian mengetahui adanya transaksi jual beli yang dilakukan melalui telepon. Yang pasti, dalam interaksi tersebut melibatkan penjual dan pembeli. Semula penjual menawarkan harga tinggi kemudian sedikit demi sedikit turun, dan pembeli semula menawar harga rendah kemudian sedikit demi sedikit naik. Akhirnya terjadilah kesepakatan harga untuk sejumlah barang yang diperjualbelikan.

Perilaku pembeli dan penjual tersebut penting untuk dipelajari karena hal tersebut sebagai dasar pengambilan kebijakan bagi para pelaku ekonomi. Produsen tentu menghendaki barang yang diproduksi laku dan menghasilkan laba, dan konsumen tentu menghendaki barang yang dibeli memberikan kepuasan yang maksimal.

RANGKUMAN MATERI PEMBENTUKAN HARGA PASAR


Pada bab ini, kamu akan mempelajari tentang terbentuknya harga pasar.

Uraiannya meliputi sebagai berikut:
Konsep permintaan barang dan jasa.
Konsep penawaran barang dan jasa.
Terbentuknya harga pasar.

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta/dibeli oleh pembeli pada waktu tertentu dan harga tertentu.

Permintaan merupakan kegiatan ekonomi ditinjau dari segi pembeli.

Hukum permintaan berlaku jika keadaan lainnya tetap(tidak ada perubahan). Jadi Hukum permintaan disertai asumsi (anggapan) bahwa keadaan yang lain tetap. Asumsi seperti ini disebut ceteris paribus.

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang disediakan/dijual oleh penjual pada waktu tertentu dan harga tertentu.

Penawaran merupakan kegiatan ekonomi ditinjau dari segi penjual.

Harga Pasar/ harga keseimbangan/ harga ekuilibrium adalah tingkat harga di mana jumlah barang yang diminta oleh pembeli sama persis dengan jumlah barang yang ditawarkan penjual.


0 komentar:

Post a Comment