May 26, 2015

Pengertian Akuntansi

Versi materi oleh Ismawanto


Pengertian Akuntansi - Pada dasarnya akuntansi berkembang dari sistem tata buku berpasangan (double entry system) yang pertama kali diperkenalkan di Italia pada tahun 1494. Seorang ahli ilmu pasti berkebangsaan Italia, Lucas Paciolo yang menerbitkan buku berjudul Summa de Aritmatica, Geometria, Proportioni et Proportionalita. Pada salah satu bagian buku tersebut berisi tentang pengetahuan akuntansi dengan judul Tractatus de computis et scriptorio. Oleh karena Lucas Paciolo merupakan orang pertama yang menulis pengetahuan akuntansi, maka para penganutnya menamakannya Bapak Akuntansi (The father of Accounting).

Sekitar pertengahan abad ke 18 sampai abad ke 19, setelah terjadi revolusi industri, muncul perkembangan di berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, maupun perdagangan. Nah, dari kejadian tersebut akhirnya akuntansi tidak hanya berkembang di Eropa, tetapi juga sampai di daratan Amerika yang terkenal dengan sistem Anglo Saxon.

Definisi Akuntansi

Akuntansi sering disebut sebagai “Bahasa Bisnis” atau “Bahasa Pengambilan Keputusan”, karena semakin kita dapat memahami dan menguasai ilmu akuntansi, maka akan semakin baik pula dalam menangani dunia usaha terutama aspek keuangan perusahaan

Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang, yaitu sudut pemakai dan proses kegiatannya.

1. Definisi dari Sudut Pemakai

Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.

Adapun manfaat informasi akuntansi antara lain untuk:
a. membuat perencanaan yang efektif, pengawasan, dan pengambilan keputusan oleh manajemen, dan
b. pertanggungjawaban organisasi kepada para investor, kreditur, pemerintah, dan sebagainya.

2. Definisi dari Sudut Proses Kegiatan

Ditinjau dari sudut kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi.

Pada dasarnya akuntansi meliputi kegiatan berikut ini.
a. Mengidentifikasi data yang berkaitan dengan pengambilankeputusan, baik data yang berasal dari intern perusahaan maupun data yang berasal dari ekstern perusahaan.
b. Memproses atau menganalisis data yang relevan.



Sekian mengenai pengertian Akuntansi, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. sangat membantu semoga update terus (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h)

    ReplyDelete