January 13, 2014


Versi materi oleh D Endarto


Inilah Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya Terhadap Perilaku Masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai orang-orang yang sukses karena bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Petani menggunakan mesin modern (traktor) untuk mempercepat pengolahan tanahnya. Pengusaha surat kabar dengan cepat bisa mendistribusikan korannya pada daerah yang lebih luas dengan cara cetak jarak jauh. Anakanak sekolah dalam belajar sudah memanfaatkan media internet untuk mencari materi pelajaran ataupun soal-soal yang membantu dalam proses belajarnya. Namun demikian ada juga sebagian orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara yang salah.

Media internet digunakan untuk memfitnah orang dengan cara menyebarkan foto foto yang direkayasa guna menjatuhkan nama baik seseorang. Anak-anak mencari situs-situs porno yang bisa merusak moral. Bagaimanakah seharusnya kita dalam menyikapi perubahan social dan kebudayaan Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat dapat menimbulkan ketidakseimbangan atau ketidakselarasan di antara unsur-unsur sosial dan budaya dalam masyarakat.

Ketidakserasian ini terjadi karena sebab-sebab berikut.
1. Perubahan suatu unsur sosial budaya tidak dapat diikuti penyesuaiannya oleh unsurunsur sosial dan budaya yang lain.
2. Laju perubahan di antara unsur-unsur sosial budaya tidak selalu seimbang antara satu dan yang lain. Ada unsur yang berubah dengan cepat, tetapi ada unsur-unsur yang berubah dengan laju yang lambat. Keadaan yang demikian dinamakan cultural lag (ketimpangan budaya)
3. Adanya perubahan sosial budaya yang berlangsung yang menimbulkan keterkejutan di kalangan masyarakat. Keterkejutan akan adanya perubahan sosial budaya yang cepat ini dinamakan cultural shock.


0 komentar:

Post a Comment