February 25, 2014

6 Cara Bijak Memakai Webcame - Webcam adalah alat untuk berkomunikasi yang menyenangkan. Dengan kamera video ini, kita bisa berkomunikasi secara real-time dengan orang lain. Alat ini biasa dipakai oleh mereka yang ingin berkomunikasi lebih pribadi dan lebih ‘hidup’ karena kita bisa melihat lawan bicara kita seolah-olah lawan bicara kita itu berada dekat dengan kita. Belakangan ini webcam juga banyak dipakai untuk kegiatan teleconference dan untuk pengawasan keamanan.





Seiring makin populernya webcam, ancamannya pun kian meningkat. Karena itu, Anda harus berhati-hati menggunakannya. Berikut beberapa saran terkait penggunaan webcam.

  • Khusus untuk orang tua, sebaiknya tempatkan webcam di ruang keluarga, bukan di dalam kamar anak Anda. Ini akan mempermudah Anda untuk mengawasi penggunaan Internet anak-anak Anda.


  • Ajarkan anak untuk menggunakan webcam secara bertanggung jawab. Katakan padanya bahwa orang lain bisa saja menyalahgunakan gambar pribadi atau video klip yang ia buat dengan webcam. Ingatkan dia untuk berhati-hati sebelum memposting gambar/video di internet .


  • Berperilakulah yang bijak di depan webcam. Jangan sekali-kali merekam tindakan yang tidak pantas dilihat orang.


  • Jangan mudah percaya ajakan orang asing yang mengajak Anda untuk bertukar foto/ video, atau ingin bertemu. Kalaupun mau bertemu, jangan pernah pergi sendirian. Ajaklah orang dewasa / orang tua / sahabat Anda untuk menemani.


  • Kalau Anda mendapati perlakuan yang tidak senonoh, diancam atau perlakuan tidak nyaman lainnya, katakan hal ini kepada orang tua.


  • Segera matikan webcam jika tidak digunakan. Hati-hati karena beberapa oknum ada yang memakai webcam untuk mematamatai aktivitas tanpa sepengetahuan kita.




Dunia sekarang memang sudah sangat maju, terutama di bidang teknologi. Semoga dengan tips di atas kita bisa terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan bersama. Kembali lagi bila kita selalu bijak menggunakan apa saja pasti hasilnya selalu baik dan tanpa menimbulkan masalah kedepannya. Salam sukses selalu dari admin,,




Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

0 komentar:

Post a Comment