February 26, 2014

Ujian Nasional Tahun Ajaran 2013/2014 Habiskan Uang Rp545 miliar - UN di Indonesia memang luar biasa, dan kali ini kita akan sedikit mengupas informasi mengenai anggaran. Pernahkah anda sedikit terlintas pikiran mengenai Berapa anggaran yang dibutuhkan ungtuk melaksanakan UN ? Percayakah anda bila UN membutuhkan dana sampai Rp545 miliar ?  pertanyaan tersebut mungkin akan terjawab dengan berita dari kemdikbud di bawah ini ;






Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengajukan nominal anggaran untuk penggandaan naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional Tahun Pelajaran 2013/2014 sebesar Rp124 miliar. Dengan mekanisme lelang, anggaran tersebut dapat dipangkas lebih dari 25 persen menjadi Rp88,6 miliar.

Ada penghematan Rp35 miliar dari anggaran yang dialokasikan untuk penggandaan naskah UN,” demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, usai melakukan serah terima naskah UN dengan pimpinan percetakan pemenang lelang, di Jakarta, Senin (24/02/2014).

Mendikbud mengatakan, anggaran Rp88,6 miliar tersebut, digunakan untuk membiayai penggandaan dan distribusi naskah UN yang akan digunakan oleh 7.157.218 peserta UN di delapan regional.


Total anggaran untuk UN Tahun Pelajaran 2013/2014 sebesar Rp545 miliar. Dana tersebut digunakan untuk penggandaan naskah soal dan lembar jawaban, pengawasan oleh perguruan tinggi, pengawasan di provinsi, pengawas kelas di satuan pendidikan, hingga pemindaian lembar jawaban peserta UN.

“Kalau dilihat nominal, Rp545 miliar memang besar. Tapi kalau dibagi untuk 7.157.218 peserta UN, setiap siswa dapat alokasi lebih kurang Rp80 ribu,” terang Mendikbud.

Proses lelang UN telah menetapkan lima perusahaan percetakan yang akan melakukan penggandaan. Kelima perusahaan tersebut adalah PT. Karya Kita, PT. Temprina Media Grafika, PT. Jasuindo Tiga Perkasa, PT. Mascom, dan PT. Balebat. (Aline Rogeleonick)




Berapa besar biayanya asal untuk kemajuan pendidikan admin berpendapat itu tidak masalah. Indonesia harus menjadi yang terbaik, menjadi bangsa cerdas, bangsa yang bisa bersaing, dan bangsa yang bisa menang.


Sumber  : FB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

0 komentar:

Post a Comment