February 15, 2014

11:49 PM
6 Pedoman Pakai Twitter Yang Pintar - Tidak ada pengguna Twitter yang ingin account-nya jadi korban kejahatan phishing, hacking atau virus. Salah satu cara ber-Twitter-an dengan aman dan melindungi account dari ancaman cyber adalah dengan selalu waspada saat online dan melakukan tindakan pengamanan password. Itu adalah langkah yang paling mudah yang anda bisa lakukan.

Lalu, bagaimana bertwitter dengan pinter ? apakah mudah juga untuk dilakukan, pastinya mudah juga. Biarpun mudah jangan disepelekan, ikuti pedoman dasar berikut ini: 




1. Gunakan password yang unik dan kuat.
Pilih password yang kuat (yang sulit ditebak) pada saat membuat account. Disarankan pula untuk menggunakan password yang berbeda-beda untuk setiap situs yang digunakan. Jadi jika salah satu account disusupi, sisanya aman.

2. Cek URL Situs Sebelum Login.
Aksi kejahatan phishing biasanya akan membujuk korban untuk memberikan username dan password, setelah itu phisher (pelaku phishing) mengirimkan spam ke semua pengikut (follower) account Twitter Anda. Seringkali phisher mencoba menipu korban dengan memberikan link yang mengarahkan korban ke halaman login palsu.

3. Twitter Tidak Pernah Meminta Password.
Ingatlah, pihak internal Twitter tidak pernah mengirimkan email, mengirimkan pesan langsung, ataupun meminta Anda mereply pesan yang meminta Anda untuk memberikan password. Jika Anda mencurigai account Anda telah menjadi korban phishing atau di-hack, sebaiknya reset password Anda.

4. Teliti Sebelum Meng-klik Link di Twitter.
Ada banyak link yang berseliweran dan di-share di Twitter, dan banyak juga yang mem-posting URL shortener. URL shortener, seperti bit.ly atau TinyURL, adalah link yang disingkat yang mengarahkan Anda ke sebuah link yang lebih panjang. URL shortener dapat ‘mengaburkan’ domain, sehingga sulit untuk mendeteksi kemana arah link ini.

5. Update dan Sign Out.
Rutinlah meng-update browser dan sistem operasi Anda dengan patch dan versi terbaru. Jangan lupa untuk memindai (scanning) komputer Anda secara berkala terhadap virus, spyware, dan adware. Jika Anda menggunakan komputer umum, seperti komputer di perpustakaan atau sekolah, pastikan selalu sign-out dari account Twitter Anda setelah selesai.

6. Hati-hati Memilih Aplikasi Pihak Ketiga
Ada banyak aplikasi Twitter dari pihak ketiga yang dapat di-download untuk digunakan di ponsel atau komputer. Aplikasi ini dibangun pada platform Twitter oleh pengembang eksternal Twitter. Untuk jaga-jaga saja, berhati-hatilah terhadap aplikasi yang menawarkan imingiming uang ataupun follower di Twitter. Beberapa aplikasi ini meminta username dan password. Waspadalah!


Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

0 komentar:

Post a Comment