February 22, 2014

Akses Layanan Perbankan yang Aman dan Praktis - Saat ini, layanan telekomunikasi seluler telah terintegrasi sedemikian rupa dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hasilnya, dengan ponsel di tangan, serasa kita telah menggenggam dunia. Apa saja bisa dilakukan melalui ponsel, dari sekadar menelepon teman di luar kota, mengirim pesan singkat ke saudara di luar negeri, membeli perkakas rumah tangga, bermain games, dan lain sebagainya. Bahkan, untuk bertransaksi keuangan pun kita tidak harus ke bank lagi karena ada layanan M-Banking. 

Berbagai transaksi perbankan dapat dilakukan hanya melalui ponsel, semudah bertransaksi di ATM Bank, sangat praktis, tanpa banyak buang waktu, user friendly, serta aman. Seaman apapun suatu sistem, tidak berarti kita bisa begitu saja mengabaikan keamanan. Tetap saja ada langkah-langkah pengamanan dini yang bisa kita lakukan, termasuk mengamankan ponsel kita dari orang-orang yang tidak semestinya boleh membukanya. Apalagi, mengakses Mbanking begitu mudah.




Jadi, ada beberapa hal yang musti diperhatikan untuk mengamankan rekening anda dari tangan jahil yang mampu menjangkau ponsel anda, baik dari sisi transaksi perbankannya maupun sisi ponsel anda:

1. Jangan biarkan orang lain yang tidak punya kepentingan untuk mengetahui nomor PIN anda. Satu kelebihan transaksi perbankan melalui ponsel adalah tidak perlu lagi menggunakan kartu ATM, sehingga lebih praktis. Jadi, jangan biarkan orang lain yang tidak berhak mengetahui PIN anda, karena dia akan bisa secara mudah mengakses rekening anda melalui M-Banking.

2. Jangan menyimpan nomor PIN dalam ponsel anda, baik itu dalam daftar nomor kontak maupun dokumen lain. Salah satu kebiasaan buruk banyak pengguna ponsel adalah menyimpan nomor-nomor penting dan mungkin juga rahasia di dalam daftar nomor kontak atau dokumen/folder lainnya.

3. Kunci ponsel anda secara otomatis jika tidak dipergunakan untuk mencegah orang lain yang tidak berhak membuka ponsel anda dan mengotak-atik-nya.

4. Jangan tinggalkan ponsel Anda di sembarang tempat, termasuk di rumah dan di desk kantor. Jangan percaya begitu saja atas anggapan bahwa suatu tempat itu aman sekali.

5. Segera melapor ke bank jika anda kehilangan ponsel. Pastikan ke pihak bank bahwa rekening anda aman, dan jangan lupa untuk meminta agar rekening anda diblokir sementara waktu sampai anda mengganti nomor PIN.

6. Jangan lupa pula untuk melapor ke pihak operator untuk melaporkan kehilangan ponsel dan nomor anda, sekaligus meminta agar nomor yang hilang tersebut diblokir. Selanjutnya mintalah kartu baru dengan nomor lama yang anda pakai itu. Dengan demikian, nomor yang hilang tidak bisa dipergunakan oleh orang lain.


Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

0 komentar:

Post a Comment