June 21, 2014

Versi materi oleh D Endarto


Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang berada di kawasan benua Asia. Berikut penjelasan singkatya; 




  • Informasi Geografis dan Kondisi Wilayah

Kawasan Asia Tenggara memiliki banyak hutan tropis. Secara astronomis, Asia Tenggara terletak antara 28OLU – 11OLS dan 95OBT – 141OBT. Batas-batas administratif Asia Tenggara adalah sebagai berikut.
a. Sebelah utara berbatasan dengan daratan Cina dan India
b. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini
c. Sebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan Samudra Hindia
d. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, Laut Andaman, dan Teluk Benggala.

Luas negara Asia Tenggara lebih kurang 3.091.116 km2. Di kawasan Asia Tenggara terdapat 10 negara yang tergabung dalam ASEAN. Negara yang paling luas adalah Indonesia, yaitu 4.919.443 km2. Negara yang memiliki wilayah paling sempit adalah Singapura dengan luas wilayah hanya 622 km2. Perbandingan luas wilayah Indonesia dengan Singapura adalah 3.292 : 1.




Negara-negara di kawasan Asia Tenggara tergabung dalam organisasi Asean. Berdirinya organisasi ASEAN (Association of South East Asian Nations), sebelumnya diawali dengan adanya pertemuan lima menteri luar negeri negara-negara Asia Tenggara pada tanggal 5-8 Agustus 1967 di Bangkok. Dari pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan untuk mendirikan organisasi kerja sama yang diberi nama ASEAN.



1. Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara
Jazirah Asia Tenggara letaknya di sebelah timur India dan di sebelah selatan Tiongkok (Cina). Pada jazirah ini membentang pegunungan-pegunungan yang bersambung sambung dari arah utara ke selatan sampai ke Indonesia. Lembah-lembah sungainya di sebelah utara sempit tetapi makin ke selatan makin lebar dan datar dan dekat pantai berubah menjadi dataran rendah.
2. Iklim di Kawasan Asia Tenggara
Menurut iklim matahari, sebagian besar wilayah negara-negara Asia Tenggara terletak pada iklim tropis, yaitu terletak antara garis balik (matahari) utara 23½O LU dan garis balik (matahari) selatan 23½O LS. Secara umum, negara-negara Asia Tenggara beriklim monsoon dengan ciri-ciri setengah tahun mengalami musim basah dan curah hujan tinggi, setengah tahun berikutnya mengalami musim kemarau (kering).
3. Kondisi Geologi secara Umum di Kawasan Asia Tenggara
Kawasan Asia Tengara, jika ditinjau secara geologis keadaan umur batuannya bervariasi mulai dari kuarter yang paling muda (10 ribu – 1,6 juta tahun) sampai prekambrium yang paling tua (570 juta – 4,6 milyar tahun).




Jumlah, Kepadatan,  Pertumbuhan Penduduk, Etnis Penduduk dan Mata Pencaharian Penduduk Kawasan Asia Tenggara. Langsung saja kita bahas.
1. Jumlah, Kepadatan, dan Pertumbuhan Penduduk Kawasan Asia Tenggara
Jumlah penduduk ASEAN pada tahun 2005 kurang lebih sebanyak 544.8 juta jiwa. Lebih dari setengah jumlah penduduk ASEAN terdapat di Indonesia sehingga potensi terbesar sumber daya manusia dilihat dari segi jumlah penduduk dimiliki oleh Indonesia.
2. Etnis Penduduk di Kawasan Asia Tenggara
Sebagian besar penduduk ASEAN termasuk orang Melayu yang berkulit sawo matang. Penduduk lainnya adalah orang Cina, India, Pakistan, dan orang Eropa. Selain itu, juga terdapat penduduk asli di antaranya orang Negrito, Semang, Sakai, dan Jakur. 
3. Mata Pencaharian Penduduk Kawasan Asia Tenggara
a) Pertanian
b) Peternakan
c) Perikanan
d) Pertambangan
e) Perindustrian dan Perdagangan
f) Pariwisata


Selesai sudah kita membahas mengenai pembelajaran kawasan asia tenggara. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment