June 22, 2014

Versi materi oleh D Endarto


Negara Malaysia - Profil Negara, Sejarah dan Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam, Penduduk, Perekonomian, Hubungan Bilateral Malaysia dan Indonesia, Kerja Sama Malaysia dengan Indonesia dalam Skala Regional, Kerja Sama Malaysia dan Indonesia dalam Skala Internasional


  • Profil Negara

Nama internasional : Malaysia
Luas wilayah : ± 330.434 km2
Ibu kota : Kualalumpur
Bentuk pemerintahan : Kerajaan (Kesultanan)
Hari kemerdekaan : 31 Agustus 1957
Kepala negara : Yang Dipertuan Agong
Kepala pemerintahan : Perdana menteri
Lagu kebangsaan : Negaraku
Bahasa : Malaysia dan Inggris


petronas dimalaysia


Agama mayoritas penduduk : Islam
Mata uang : Ringgit atau dolar Malaysia (MS)
Bandar udara interna sional : Payalebar Internasional Airport 
Perusahaan penerbangan : Malaysia Airline System (MAS)


  • Sejarah dan Bentuk Pemerintahan

Malaysia adalah sebuah kerajaan yang konstitusional, Islam sebagai agama negaranya. Kerajaan ini merupakan federal dari negara-negara bagian. Rajanya bergelar Yang Dipertuan Agong, yang dipilih oleh raja-raja dari negara bagian untuk masa bakti selama 5 tahun. Kepala pemerintahannya dipegang oleh sebuah kabinet yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Malaysia merdeka pada tanggal 31 Agustus 1967 (semula bernama Malaya). Tanggal 16 September 1963 bernama Malaysia meliputi Persekutuan Tanah Malaya, Singapura, Sabah, dan Serawak. Tetapi pada tanggal 9 Agustus 1965 Singapura memisahkan diri dan pada tanggal 1 Januari 1984 Brunei keluar menjadi negara Merdeka.


kesultanan malaysia


Wilayah federasi adalah Kuala Lumpur, sebagai ibu kota Malaysia. Negara Federasi Malaysia mejadi anggota PBB, tergabung dalam Comonwealth Inggris (negeri persemakmuran) dan anggota ASEAN.


  • Keadaan Alam

1) Letak, Luas, dan Batas
Wilayah Malaysia terbagi menjadi dua bagian, yaitu Malaysia barat terletak pada Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur terletak di Pulau Kalimantan bagian utara. Luas seluruhnya adalah 330.434 km2. Kedua bagian itu dipisahkan oleh Laut Cina Selatan dan kepulauan yang termasuk wilayah Indonesia. Luas Malaysia kira-kira seluas 2,5 kali Pulau Jawa, terdiri dari: Malaysia Barat (131.590 km2), Serawak (124.449 km2), Sabah73.711 km2, perairan darat 648 km2
Batas wilayah negara Malaysia.
Malaysia Timur berada pada posisi 1OLU-7OLU dan 109O40’BT – 119OBT.
(1) Sebelah utara dibatasi oleh negara Brunei Darussalam dan Filipina
(2) Sebelah selatan dibatasi oleh negara Indonesia
(3) Sebelah timur dibatasi oleh Laut Sulawesi
(4) Sebelah barat dibatasi oleh laut Cina Selatan dan Indonesia.
Malaysia Barat berada pada posisi 1OLU – 7OLU dan 100OBT – 104O02’BT.
(1) Sebelah utara dibatasi oleh negara Muangthai
(2) Sebelah selatan dibatasi oleh negara Singapura dan Indonesia.
(3) Sebelah timur dibatasi oleh Laut Cina Selatan
(4) Sebelah barat dibatasi oleh Selat Malaka.

2) Iklim
Malaysia beriklim Af, yaitu daerah panas yang mendapatkan hujan sepanjang tahun, sehingga merupakan daerah hutan berhujan tropis. Iklim Malaysia timur hampir sama dengan iklim di Indonesia, yaitu beriklim tropis dengan hujan sepanjang tahun, sedangkan Malaysia barat beriklim muson tropis.

3) Bentang Alam
Kondisi bentang alam Malaysia, kita bedakan menjadi bagian-bagian berikut.
a) Malaysia bagian barat
(1) Di daerah ini trdapat deretan pegunungan tidak vulkanis, membujur di tengahtengah tanah semenanjung, dengan batuan granit dan batuan gamping.
(2) Tanah rendah yang terbentang di sebelah barat deretan pegunungan merupakan daerah pertanian utama, menjadi pusat pertambangan, dan padat penduduknya.
(3) Tanah rendah yang terbentang di sebelah timur deretan pegunungan, sebagian besar berpaya-paya dan banyak diliputi oleh hutan lebat. Maka tidak cocok untuk bercocok tanam.
b) Malaysia bagian timur
(1) Dataran rendah terbentang di sepanjang pantai, berpaya-paya, dan ditumbuhi hutan bakau.
(2) Deretan pegunungan yang paling tinggi di kawasan Malaysia membujur dari wilayah Serawak sampai Sabah, dengan puncaknya yang tertinggi bernama Gunung Kinibalu (4101m) Gunung yang ada di Malaysia barat yaitu Gunung Batu Puteh, Gunung Chamah, Gunung Korbu, dan Gunung Tahan. Malaysia timur terdiri dari pegunungan dengan puncaknya yaitu Gunung Kinibalu (4.101m) merupakan puncak tertinggi di Malaysia. Datarannya sempit dan sungai yang mengalir yaitu Sungai Kinabatangan, Sungai Rajang, dan Sungai Baram. Sungai-sungai in berfungsi untuk irigasi.Dataran rendah alluvial yang subur terdapat di pantai selatan dan barat Semenanjung Malaysia, sedangkan pantai berawa-rawa terdapat di daerah Sabah. Pegunungan terdapat di bagian tengah Semenanjung Malaysia dan daerah pedalaman Sabah dan Serawak. Bagian pantai barat, pantai timur, dan pantai selatan berupa dataran rendah yang terdiri atas tanah alluvial.


  • Penduduk

Pada tahun 2003, jumlah penduduk Malaysia adalah 25,1 juta dengan pertumbuhan 2,1% setiap tahun. Sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di Jazirah Malaysia bagian barat dan selatan karena dataran rendahnya luas dan kaya akan barang tambang. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Malayu yang hampir sama dengan bahasa Indonesia. Penduduk Semenanjung Malaysia terdiri atas orang Melayu (50%), Cina (37%), dan India (11%). Sisanya adalah orang-orang Eropa, Erasia, dan penduduk asli.


penduduk di negara malaysia


Penduduk asli Malaysia adalah orang Sakai. Penduduk Serawak terdiri atas orang Dayak Pesisir (Iban) sebanyak 50%, Cina sebanyak 25% dan orang Dayak pedalaman atau Melanau sebanyak 7%. Penduduk Sabah terdiri atas orang Kadasan sebanyak 28%, Cina sebanyak 21% dan Bajau sebanyak 12%. Komposisi penduduk berdasarkan agama yang mereka anut adalah : Islam (52,9%), Budha (17,3%), Kong Hu Chu (11,6%), Hindu (7%), Kristiani (4,8%) dan lain-lain (4,8%).


  • Perekonomian

1) Sektor Pertambangan
Hasil tambang adalah timah dengan pusatnya di Ipoh dan Kualalumpur. Tambangtambang yang lain yaitu besi, bauksit, emas, dan batu bara. Daerah penambangan minyak bumi dan gas alam terdapat di daerah Serawak dan lepas pantai Semenanjung Malaysia (Miri dan Lutong). Pengolahan timah terbesar di Asia Tenggara terdapat di Penang.

2) Sektor Pertanian dan Perkebunan
Malaysia termasuk negara agraris (pertanian). Dataran alluvial yang subur menghasilkan padi sebagai tanaman pangan utama. Tanaman perdagangan juga merupakan tanaman ekspor di antaranya karet, kelapa sawit, dan nanas. Lada hitam dihasilkan dari Serawak. Hasil hutan berupa kayu merupakan barang ekspor yang dihasilkan dari daerah Sabah. Perkebunan yang paling besar di Malaysia adalah perkebunan karet. Keseluruhan hasilnya mencapai 40% dari hasil karet seluruh dunia. Hasil –hasil pertanian lainnya adalah singkong dan beras.

3) Sektor Industri
Kawasan perindustrian yang terbesar dipusatkan di Pethaling Jaya dan Shah Alam, yaitu terdiri dari industri perakitan mobil, alat-alat rumah tangga, bahan makanan, ban dan barang-barang dari plastik.

4) Sektor Perhubungan dan Pariwisata
Kualalumpur sebagai ibu kota dan sebagai kota raya. Kota raya lain adalah Penang. Kedudukan Selat Malaka menjadi penting, karena merupakan jalan lalu lintas laut dari negara-negara barat ke timur, di samping adanya Singapura sebagai pelabuhan penting di Asia Tenggara. Bandar udara internasional di Malaysia terdapat di Kuala Lumpur dan Penang, sedangkan pelabuhan laut yang terbesar di Kelang. Kawasan pariwisata yang terkenal terdapat di Langkawi yaitu pulau mini yang bergunung-gunung serta pantainya sangat indah. Objek wisata yang terkenal di Malaysia antara lain: museum nasional Kukit Nanas, Cameron, Highland di Pahang, Genting Highlands, Taman Negara, Temple Park, dan Taman Nasional Kinibalu. Kota-kota pelabuhan penting di Malaysia, yaitu Kualalumpur (ibu kota Federasi Malaysia), Kucing (ibu kota Negara bagian Serawak), Teluk Anson, Penang, Kinibalu, Swettenham, dan Weld)

5) Sektor Perdagangan
Kegiatan perdagangan berupa impor yaitu beras, mesin-mesin, alat-alat transportasi, bahan-bahan kimia, dan bahan-bahan elektronika serta ekspor berupa: karet, kayu olahan, kopra, timah, besi, dan minyak tanah. Mitra dagang Malaysia yang utama : Jepang, Inggris, USA, Indonesia, Singapura dan Australia.


  • Hubungan Bilateral Malaysia dan Indonesia

Hubungan bilateral yang dijalin antara Malaysia dan Indonesia meliputi hubungan diplomatik, ekonomi,sosial budaya, transportasi dan perhubungan, serta keamanan/militer.


  • Kerja Sama Malaysia dengan Indonesia dalam Skala Regional

1) Indonesia dan Malaysia sama-sama aktif dalam menggalang kerja sama ASEAN, baik di bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya.
2) Indonesia dan Malaysia sama-sama aktif dalam kegiatan SEA Games


  • Kerja Sama Malaysia dan Indonesia dalam Skala Internasional

Indonesia dan Malaysia ikut berperan serta dalam organisasi-organisasi internasional seperti: PBB, Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan Gerakan Nonblok (GNB).





Sekian materi mengenai Profil Negara, Sejarah dan Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam, Penduduk, Perekonomian, Hubungan Bilateral Malaysia dan Indonesia, Kerja Sama Malaysia dengan Indonesia dalam Skala Regional, Kerja Sama Malaysia dan Indonesia dalam Skala Internasional

1 komentar: