TINDAKAN HEROIK DI LUAR JAWA MELAWAN JEPANG

Tindakan Heroik Di Luar Jawa Melawan Jepang - Tindakan heroik (kepahlawanan) tersebut terjadi serentak di berbagai daerah, untuk di daerah luar jawa antara lain sebagai berikut:



1) Di Aceh
Para pemuda dan pemuka masyarakat membentuk Angkatan Pemuda Indonesia (API) dan berhasil melucuti senjata Jepang di Sigli, Seulimeun dan Lhokseumawe. Bentrokan senjata dengan Jepang terjadi di Langsa, Lho’nga, dan Ulee Lheue.

2) Di Palembang
Pada tanggal 8 Oktober 1945 rakyat yang dipimpin residen Sumatera Selatan, Dr. A. K. Gani mengadakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih. Pada saat itu juga diumumkan bahwa Sumatera Selatan berada di bawah kekuasaan RI.

3) Di Lampung
Para pemuda yang tergabung dalam API (Angkatan Pemuda Indonesia) melucuti senjata di Teluk Betung, Kalianda, dan Nenggala.


TINDAKAN HEROIK DI LUAR JAWA MELAWAN JEPANG



4) Di Kalimantan
Perlawanan di Kalimantan, antara lain terjadi di beberapa daerah berikut.
a) Banjarmasin, digalang oleh Barisan Pemberontak Rakyat Indonesia Kalimantan (BPRIK) dan Barisan Pelopor Pemberontakan Kalimantan Indonesia (BPPKI).
b) Pontianak, dlgalang oleh Pemuda Penyongsong Republik Indonesia (PPRI).
c) Samarinda, digalang oleh Badan Pembantu Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur (BPRKT) dan Badan Perjuangan Perantara Daerah (BPPD).

5) Di Bali
Pada tanggal 13 Desember 1945 para pemuda yang tergabung dalam PRI (Pemuda Republik Indonesia) dan AMI (Angkatan Muda Indonesia) melakukan gerakan serentak untuk merebut kekuasaan dari tangan Jepang.



Sebelumnya mengenai Tindakan Heroik Di Pulau Jawa Melawan Jepang ini dapat menambah pengetahuan anda.


6) Di Sumbawa
Pada bulan Desember 1945 para pemuda berusaha merebut senjata di markasmarkas Jepang. Bentrokan sempat terjadi di Gempe, Sape, dan Raba.

7) Di Makassar
Pada tanggal 19 Agustus 1945. Gubernur Sulawesi Or. Sam Ratu Langie menyusun pemerintahan. Para pemuda bekas Kalgun Heiho dan pelajar yang tergabung dalam kelompok Barisan Berani Mati (Bo-el Talshfn) mendukungnya dengan cara merebut gedung-gedung vital, seperti studio radio dan tangsi polisi.

8) Di Gorontalo
Pada tanggal 13 September 1945, para pemuda berhasil merebut senjata di markas-markas Jepang.



Inilah materi mengenai Tindakan Heroik Di Luar Jawa Melawan Jepang, semoga ini bisa berguna.

0 Response to "TINDAKAN HEROIK DI LUAR JAWA MELAWAN JEPANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel