TINDAKAN HEROIK DI PULAU JAWA MELAWAN JEPANG

Tindakan Heroik Di Pulau Jawa Melawan Jepang - Mari kita bahas dengan materi yang telah dirangkum dan dipaparkan dibawah ini:



Di Wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta
1) Pertempuran Lima Hari di Semarang
Pertempuran berlangsung pada tanggal 15 – 20 Oktober 1945. Pertempuran ini dipicu dengan adanya isu bahwa Jepang meracuni cadangan air minum. Kepala Laboratorium Pusat Rumah Sakit Rakyat (Purusara), Dokter Karyadi, mencoba memeriksa kebenaran isu tersebut, namun ia ditembak oleh Jepang. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat yang kemudian bangkit melawan Jepang. Untuk mengenang keberanian rakyat, di Semarang dibangun monumen yang diberi nama “Tugu Muda”.
2) Pertempuran Kota Baru Di Yogyakarta
Perebutan kekuasaan dari tangan Jepang di Yogyakarta sudah dimulai sejak tanggal 26 September 1945. Para pemuda yang tergabung dalam BKR berusaha merebut senjata Jepang. Pada tanggal 7 Oktober 1945 para pemuda, BKR, dan polisi istimewa menyerang tangsi Jepang.
3) Di Solo
Para pemuda melakukan pengepungan markas Kempetai Jepang. Dalam pengepungan itu, seorang pemuda bernama Arifin gugur. Nama Arifin kemudian diabadikan menjadi nama sebuah jembatan yang menghubungkan Widuran dan Kebalen di atas Kali Pepe.
4) Di Banyumas
Kesatuan-kesatuan PETA di bawah pimpinan Daidanco Sudirman berhasil melucuti seluruh tentara Jepang tanpa pertempuran.


TINDAKAN HEROIK DI PULAU JAWA MELAWAN JEPANG




Di wilayah Jakarta dan Jawa Barat
1) Di Jakarta
BKR bersama para pemuda menyerbu gudang senjata Jepang yang terletak di daerah Cilandak, Kebayoran.
2) Di Bandung
Para pemuda dan pelajar bekas PETA berhasil menyerbu pasukan panser Jepang di Cisadas dan berhasil merampas senjata di gudang pabrik senjata di Lapangan terbang Andir (sekarang Bandara Husein Sastranegara).
3) Di Bogor
Para pemuda berhasil menyita sembilan gerbong kereta api berisi pakaian yang akan diangkut ke luar kota, serta berhasil melucuti senjata polisi Jepang.
4) Di Tasikmalaya
Para pemuda berhasil mengusir Jepang dari lapangan terbang dan merebut beberapa pesawat pemburu.


Sebelumnya mengenai Tindakan Heroik Lapangan Ikada ini mungkin dapat menambah pengetahuan anda.



Di Wilayah Jawa Timur
1) Di Surabaya
Peristiwa heroik di Surabaya dimulai dengan bergeraknya arek-arek Surabaya untuk merebut gedung-gedung penting, pabrik-pabrik, gudang senjata, markas tentara dan pangkalan angkatan laut. Puncak rangkaian tindakan itu adalah penyerbuan ke markas Kempetai (polisi rahasia) Jepang pada tanggal 1 Oktober 1945.
2) Di Malang
Rakyat dan BKR berhasil merebut komplek penyimpanan senjata dan pemancar radio di Embong.


Sekian mengenai Tindakan Heroik Di Daerah Jawa Melawan Jepang, semoga ini dapat berguna.

0 Response to "TINDAKAN HEROIK DI PULAU JAWA MELAWAN JEPANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel