CIRI CIRI UMUM PRANATA SOSIAL

Ciri Ciri Umum Pranata Sosial – Adalah mari kita bahas dengan rangkuman materi yang sangant singkat dan padat dibawah ini:

Suatu pranata sosial tentu memiliki ciri-ciri umum. Dalam bukunya yang berjudul General Feature of Social Insti-tutions, Gillin dan Gillin mengemukakan ciri umum pranata sosial sebagai berikut:
1. Pola-pola pemikiran dan perilaku terwujud melalui aktivitas-aktivitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya.
2. Mempunyai suatu tingkat kekekalan tertentu. Sistem norma dan bermacammacam tindakan akan menjadi bagian lembaga sosial setelah melewati waktu yang lama.
3. Mempunyai tujuan tertentu.
4. Mempunyai alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan, misalnya bangunan, peralatan, dan mesin. Bentuk serta penggunaan alat tersebut biasanya berlainan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.


CIRI CIRI UMUM PRANATA SOSIAL



5. Memiliki lambang-Iambang yang menggambarkan tujuan dan fungsi lembaga yang bersangkutan. Kadang-kadang lambang tersebut berwujud tulisan-tulisan atau slogan-slogan. Misalnya lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila yang mencantumkan tulisan Bhinneka Tunggal Ika dan perisai lambang sila dari Pancasila. Lambang Garuda Pancasila secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsi negara Indonesia.
6. Mempunyai tradisi tertulis maupun tidak tertulis. Yang merumuskan tujuan, tata tertib yang berlaku, dan lain-lain lembaga sosial tersebut.



Sebelumnya mengenai Hakikat Pranata Sosial ini dapat menambah pengetahuan anda


Sekian mengenai Ciri-Ciri Umum Pranata Sosial, semoga apa yang ada pada materi dapat bermanfaat bagi semuanya.

0 Response to "CIRI CIRI UMUM PRANATA SOSIAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel