August 19, 2013




Wilayah laut, jauh lebih luas dibanding dengan wilayah daratan. Dari pandangan positif, lautan itu menghubungkan satu benua dengan benua yang lain dan satu pulau dengan pulau yang lain. Teknologi transportasi telah mampu membuat kapal-kapal laut untuk menyelenggarakan perhubungan laut antarbenua, antarnegara, dan antarpulau.

Dengan demikian manfaat dari perhubungan laut memungkinkan perdagangan antarnegara di berbagai benua dan antarpulau. Ini berarti kerja sama ekonomi di dunia dapat diselenggarakan. Di sini fungsi laut bukan sebagai pemisah, tetapi sebagai penghubung antara masyarakat satu benua, satu negara, satu pulau dengan lainnya.

Bahwa banyak kehidupan di lautan khususnya ikan, rumput laut, dan sebagainya sudah kita ketahui bersama. Lautan telah memungkinkan aktivitas ekonomi penduduk untuk berorientasi ke laut sebagai nelayan. Makin luas wilayah lautnya makin berkembang usaha perikanan suatu negara. Sumbangan bidang ekspor dari hasil ikan juga semakin besar, di samping ikan itu sendiri merupakan sumber protein bagi tubuh manusia. Laut juga memungkinkan dikembangkan pertanian rumput laut, atau pun pemeliharaan dan usaha mutiara dan teripang. Hasilnya sangat mendukung ekspor nonmigas bagi Indonesia.

Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah jarak 200 mil dihitung dari garis dasar ke arah laut bebas. Batas ZEE di Samudera pasifik, antara Kepulauan Karolina dan Maluku Utara masih dalam usaha penyelesaian pemetaannya. Kewenangan negara di wilayah ZEE adalah dalam memanfaatkan sumber daya, baik di laut maupun di bawah dasar laut. Negara yang bersangkutan, memperoleh kesempatan pertama dalam pemanfaatan tersebut, sedangkan kewajibannya adalah menghormati lalu lintas damai di lautan tersebut.

0 komentar:

Post a Comment