November 7, 2013




1. Peradaban Cina terletak di lembah sungai Huang Ho. Ajaran Filsafat yang berkembang di Cina antara lain Lao Tse, Kung Fu Tse, dan Meng Tse. Dinasti yang berkuasa di Cina antara lain dinasti zaman dongeng, dinasti Shang, dinasti Chou, dinasti Chin, dinasti Han, dinasti Tang, dan dinasti Yuan.

2. Peradaban India berada di jazirah pegunungan Asia Selatan. Peradaban India didukung oleh bangsa Dravida. Di India ada empat kasta yang diakui, yaitu Brahmana, Waisya, Ksatria, dan Sudra. Kerajaan yang berdiri di India antara lain Maurya, Kushana, Gupta, Harsya, dan Moghul. Agama yang dianut oleh orang India adalah Hindu dan Buddha. Kitab kesusastraan yang terkenal di India adalah Ramayana dan Mahabharata.

3. Peradaban Mesir berada di lembah sungai Nil. Kepercayaan bangsa Mesir Kuno meliputi Totemisme dan Polyteisme. Hasil kebudayaan yang terdapat di Mesir antara lain: piramida, spinx, mastaba, kuil, makam, aksara hieroglyph, arca, dan obelisk.

4. Peradaban Mesopotamia di kenal huruf paku dan berkembang seni bangunan yang disebut Ziggurat. Bangsa-bangsa yang mendiami Mesopotamia antara lain: Sumeria, Babylonia Lama, Assiria, Babylonia Baru, Persia, Palestina, dan Funisia.

5. Peradaban Romawi berada di Italia yang terletak di Jazirah Apenia. Bangsa Romawi di bedakan menjadi dua golongan yaitu golongan Patrisia dan golongan Plebea. Peradaban Romawi di bagi tiga zaman yaitu: zaman kerajaan, zaman republik, dan zaman kekaisaran.

6. Peradaban Yunani terletak di Jazirah Balkan. Bangsa Yunani mengenal banyak dewa, dewa tertinggi adalah Zeus

0 komentar:

Post a Comment