December 4, 2013

Halo teman, Sudah pada tahu Pengertian, Contoh, dan Karakteristik E Commerce di Indonesia belum ? Sudah dong ya ! Bagi penggemar belanja online istilah ini pasti sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, karena tentunya Anda sudah  sering berkunjung kesalah satu situsnya. Kali ini Admin akan berbagi informasi dan ilmu tentang masalah e commerce khususnya di Indonesia. Meskipun Anda sudah tahu mengenai topik ini, namun ! Jangan sampai Anda ketinggalan informasi mencekam dibawah ini.

Berbicara mengenai e commerce, topik ini tentunya berkaitan dengan ilmu sosial dan teknologi bukan ? dan masih tetap pada inti dari blog sederhana Saya ini. Yang namanya ilmu memang tiada batas. Sekarang ayo waktunya kita gali ilmu tentang e commerce ini.





Pertama, apa sebenarnya Pengertian E Commerce ?

E-commerce biasanya dihubungkan dengan proses pembelian dan penjualan melalui internet atau setiap transaksi bisnis yang melibatkan perpindahan kepemilikan atas barang atau jasa melalui jaringan computer. Meskipun populer, definisi tersebut tidak cukup komperhensif untuk dapat mendeskripsikan perkembangan dalam fenomena bisnis tersebut.

Definisi yang lebih lengkap : e-Commerce merupakan penggunaan komunikasi elektronik dan teknologi pengolahan informasi digital dalam transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan mendefinisikan kembali hubungan baru diantara organisasi dan/atau antara organisasi dengan individu.

Sedangkan Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah: “E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”.

Apa itu artinya ? Begini kawan, E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2).


Sekarang, apa saja Contoh E Commerce ?

Kalau soal menyebutkan contoh, tidak baik juga bila berlebih. Begini saja, Anda tentunya sudah paham bukan ? Admin beri satu contoh, misalnya ZALORA. Lalu yang lain bisa Anda cari sendiri.


Dan kini terakhir, apa Karakteristik E Commerce ?

Dari informasi yang Admin dapat, setidaknya ada 4 yang sering terdengar. Apa saja itu ? Baca yang dibawah ini :

a. Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Dewasa ini, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa dibatas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line. Karena hal itulah E Commerce menjadi tanpa batas, Selanjutnya.

b. Transaksi anonim
Apakah arti anonym, secara mudah adalah para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan, pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya. Sudah canggih pokoknya sekarang.

c. Produk Digital dan Non Digital
Pertama produk digital, kenapa ? penjelasannya adalah produk-produk digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Sedangkan produk non digital adalah dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet meliputi barang-barang kebutuhan lainnya.

d. Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud (intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet. Namun setelah Anda deal bertransaksi tentunya barang akan berwujud dan berada ditangan Anda, selanjutnya apalagi kalau tidak buru buru dipakai.


Akhirnya sekian juga ilmu tentang Pengertian, Contoh, dan Karakteristik E Commerce di Indonesia. Bila ada kekurangan dan salah kata tinggal diperbaiki bersama, akhir kata Salam Sukses untuk Anda dari Admin.

0 komentar:

Post a Comment