January 24, 2014

Versi materi oleh D Endarto


Fungsi turunan uang – Sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi asli uang, lalu kini tiba saatnya kita membahas mengenai fungsi turunan uang. Saya akan menunjukkan beberapa fungsi itu, maka dari itu simaklah pembahasan di bawah.




Selain fungsi asli, uang juga mempunyai fungsi turunan sebagai berikut.


a. Uang sebagai Penunjuk Harga

Harga suatu barang atau jasa selalu dinyatakan dengan jumlah satuan uang. Misalnya harga sebuah buku Rp20.000,00; harga memotong rambut di salon Rp15.000,00. Hal ini menunjukkan bahwa uang sebagai penunjuk harga barang atau jasa.


b. Uang sebagai Alat Pembayaran

Uang dapat digunakan untuk membayar pajak, tiket pertunjukan, listrik atau membayar uang sekolah. Dalam hal ini jelas diketahui uang sebagai alat pembayaran.


c. Uang sebagai Alat Penyimpan atau Menabung

Dengan uang kita dapat menyimpan atau menabung, baik di bank maupun di rumah sebagai cadangan untuk keperluan di masa mendatang.


d. Uang sebagai Alat Pembentuk dan Pemindah Kekayaan

Dengan uang kita dapat membeli barang sebagai kekayaan, contohnya uang kita gunakan untuk membeli tanah atau perhiasan. Selain itu, uang dapat digunakan untuk memindahkan kekayaan. Sebagai contoh seseorang yang hendak pindah tempat tinggal, tidak mungkin ia membawa tanah dan rumah miliknya. Tanah dan rumah miliknya itu dapat dijual kemudian hasil penjualan itu dapat digunakan untuk membeli rumah baru di tempat lain.


e. Uang sebagai Pendorong Kegiatan Ekonomi

Setiap orang yang bekerja ingin mendapatkan uang. Dengan bekerja keras orang berharap mendapatkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi uang dapat berfungsi sebagai pendorong kegiatan ekonomi.


f. Uang sebagai Alat Pencipta Kesempatan Kerja

Dengan uang, seseorang dapat mendirikan suatu usaha atau perusahaan. Dalam hal ini akan terbuka kesempatan kerja. Dengan demikian uang dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan kesempatan kerja.


Itulan fungsi turunan uang yang dapat disampaikan oleh Admin, kira kira apakah anda bisa menambahi selain fungsi fungsi di atas, tulis saja di kotak komentar, sekian terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment