January 25, 2014

Macam dan Cara Pemasaran Online – Menjual Produk di Internet - Sehebat apapun blog yang anda miliki, Produk yang anda miliki, takkan bermanfaat bila tak satupun orang yang tahu. Di Internet, ada berbagai macam cara untuk berpromosi, salah satunya adalah melalui SEO. Nah, disini yang kita bahas bukan SEO lagi, tapi lebih kepada pemasaran dalam bentuk lain. Apa saja itu ? simak pembahasan di bawah.




Pada dasarnya pemasaran online jenisnya meliputi :
1. Viral Marketing
2. Forum Marketing
3. Social Networking
4. Mailing List
5. Email Signature
6. Joint Venture 
7. PPC Advertising



Pembahasan contoh pemasaran online di atas adalah sebagai berikut, Semua bisa anda lakukan atau pilih salah satu yang anda pikir paling tepat buat produk anda :


Viral Marketing 
Ini adalah metode pemasaran berantai. Misalnya anda memberitahu website anda pada 10 orang, lalu 10 orang ini memberitahukan masing-masing pada 10 orang dan seterusnya. Maka dalam waktu singkat ribuan orang akan tahu blog anda. 
Viral marketing ini biasanya dilengkapi juga dengan sebuah ebook. Misalnya anda memiliki ebook yang cukup bermanfaat lalu anda bagikan kepada orang lain. Anda memberi hak kepada penerima untuk menyebar luaskan ebook tersebut dengan catatan dilarang mengubah apapun isinya. 
Di dalam ebook itu sudah anda isikan beberapa artikel terkait produk anda dan blog anda. Sehingga mereka yang membaca bisa langsung tahu darimana sumber ebook ini. Tentunya mereka akan mengunjungi blog anda untuk tahu apa isi sebenarnya.


Forum Marketing 
Pemasaran yang ini menggunakan forum sebagai sarana promosi. Tentunya ada etika dalam berpromosi di forum. Pertama anda setidaknya harus berkenalan dulu dengan para anggota forum. Kedua anda harus membuktikan diri bahwa anda seorang ahli dengan cara membantu persoalan beberapa anggota forum. Ketiga baru deh anda rekomendasikan produk anda pada mereka. 
Biasanya warga forum sangat peka terhadap iklan-iklan. Jadi pastikan dulu apakah anda bisa beriklan disana sebelum mulai menawarkan produk. Beberapa forum menyediakan tempat khusus untuk jual beli. Manfaatkan tempat itu jika sudah tiba waktunya anda buka dagangan. 
Ingat! Jika anda melakukan pemasaran secara kasar disana, bisa membuat orang-orang di forum itu kurang suka. Sangat untung jika anda cuma dikeluarkan. Bagaimana kalau mereka malah membajak produk anda dan menyebarkan di forum ini. Makin hancurlah bisnis anda. 
Anda bisa memanfaatkan forum yang dikombinasikan dengan viral marketing. Caranya ya dengan membagikan ebook anda pada mereka. Saya yakin warga forum akan sangat berterima kasih atas pemberian anda. Dan ini tentu akan meningkatkan nilai anda dimata mereka. 


Social Networking 
Social networking atau situs pertemanan seperti facebook, friendster, myspace, twitter, dll juga dapat menjadi sarana cukup ampuh dalam pemasaran. Sama seperti forum marketing, anda harus bekerja extra tenang dalam memasarkan produk. Pekalah terhadap masalah orang lain dan coba cari solusi masalah mereka. Intinya jadilah problem solver. 


Mailing List 
Yang ini hampir sama tekniknya dengan forum. Hanya saja medianya lain. Seperti halnya forum, anda tidak bisa join langsung promosi. Setidaknya berikan sesuatu dulu pada mereka barulah anda bisa mulai promo. 
Memang butuh kesabaran dalam marketing, walaupun ada juga marketer yang kerjanya spamming kesana-sini. Tapi dia akan selamanya spamming. Kalau saya, mending saya menabur benih dulu. Lama memang, tapi hasilnya nanti benar-benar dahsyat. 


Email Signature 
Mungkin inilah satu-satunya media promosi yang tidak bertele-tele. Singkat, padat jelas, langsung promosi. Tapi ingat, jangan terlalu banyak. Apalagi lebih banyak dari email yang anda tulis. Itu sangat mengganggu. 
Singkat, jelas dan bila mereka butuh akan langsung klik linknya. Atau jika mereka belum butuh, setidaknya mereka tahu siapa konsultan di milis tersebut. Bila ada yang butuh bantuan pasti tak segan untuk bertanya. Bukankah ada konsultan di sisi mereka? 


Joint Venture 
Ini adalah metode promosi yang juga sangat efektif. Disini anda mencari orang yang memiliki list cukup banyak. Tentunya list tersebut memiliki minat pada produk anda. Tawarkan artikel gratis untuk peserta list tersebut pada pemiliknya. Akan lebih baik lagi jika anda sudah membuat draft email yang akan dikirimkan. 
Pastikan emailnya unik dan menunjukkan jati diri pemilik list. Hal ini tentu akan menyenangkan pemilik list sehingga mau menyebarkan info pada subscribernya. 
Dalam menulis email, jangan terlalu berpromosi. Intinya bukan jualan tapi ajakan. Lagi-lagi anda bisa menggabungkan dengan teknik viral marketing dengan membagi-bagikan ebook gratis. 
Mintalah pendapat pada pemilik list, mungkin ada yang kurang berkenan. Ini akan lebih menghargainya. Jangan sekali-kali menyerahkan tugas membuat 30 email promosi pada pemilik list.
Buat ujicoba cari pemilik list yang masih sedikit anggotanya. Misalnya baru 300 atau 500 orang. Jika responnya cukup bagus, silahkan cari mangsa yang lebih besar. Tapi jika kurang, maka coba cek lagi tulisan anda kira-kira apa yang kurang disana. Selalu tes dan ukur untuk memastikan anda punya email yang efektif dan efisien untuk produk anda. 


PPC Advertising 
Bagi anda yang kurang menguasai teknik menulis dengan baik. Kurang suka basa-basi dan inginnya to the point langsung hantam promo. Maka PPC Advertising adalah tempatnya. Anda tinggal mengarang beberapa kata untuk promosi. Tapi promosi PPC butuh banyak dana. Mulai dana ujicoba sampai dana kampanye yang sesungguhnya. 
Yah, semua ada harganya. Makin sedikit kerja yang dilakukan berarti makin banyak uang harus dikeluarkan. Benar kan? 




Intinya dari Macam dan Cara Pemasaran Online – Menjual Produk di Internet dan semua teknik marketing diatas, usahakan target pertama anda adalah membangun list sendiri. Tanpa ini akan susah bagi anda untuk bekerja lebih santai.

0 komentar:

Post a Comment