February 13, 2014

Manfaat Twitter dan Facebook – Siapa yang tidak kenal dengan kedua jejaring sosial ini ? Banyak yang setuju kalau jejaring sosial lebih banyak negatifnya, padahal itu adalah penilaian yang salah. Tidak ada yang negatif dari jejaring sosial, artinya semua positif. Hanya saja penggunanyalah yang memakainya secara negatif. Karena itulah ayo kita semua bijak dan positif dalam memakainya.

Nah, misalkan sebagai contoh bagi Anda yang sudah memiliki blog, cobalah memanfaatkan tools jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook untuk memasarkan produk/layanan Anda. Tools micro-blogging Twitter misalnya, memungkinkan Anda untuk mengirim pesan 140 karakter kepada seluruh follower Anda. Meski hanya 140 karakter, jangan kaget kalau informasi bisa cepat tersebar di Twitter.





Berikut beberapa keuntungan memakai Twitter untuk bisnis online Anda.

1. Anda bisa memonitor komentar pelanggan tentang produk Anda dan dengan cepat menanggapinya.
2. Memudahkan Anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan.
3. Anda bisa menawarkan diskon eksklusif khusus kepada follower Anda.
4. Ingat! Jangan mem-follow ratusan atau ribuan orang dalam waktu singkat hanya karena Anda ingin menyebar info. Cobalah selektif mencari user yang memang sesuai dengan target pasar Anda.
5. Jangan hanya mengambil manfaat dan melulu memasarkan produk Anda, tapi cobalah untuk berbagi informasi bermanfaat yang relevan.



Sama halnya dengan Twitter, manfaatkan Facebook untuk mempromosikan produk/layanan Anda. Caranya:

1. Postinglah informasi blog bisnis Anda di wall Facebook Anda.
2. Kombinasikan Facebook dengan tools social media lain seperti Twitter. Contoh, jika seseorang bertanya di Twitter, Anda bisa meresponnya secara detil lewat postingan blog lalu me-linkkannya dari Facebook.
3. Pasarkan produk Anda dengan memposting info diskon pada Facebook.
4. Cobalah sesekali untuk men-share survey atau data riset yang relevan untuk mendapatkan kepercayaan lebih.
5. Gunakan Facebook Connect di blog Anda. Jadi begitu ada update terbaru, infonya bisa langsung di-share ke Facebook.
6. Buat Fan page khusus untuk produk Anda. Di sini Anda bisa mengupas tuntas dan berdialog langsung dengan para pelanggan dan calon pelanggan Anda.
7. Update fan page Anda dengan teratur dengan info-info bermanfaat dan responslah setiap pertanyaan dari para pelanggan.


Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

0 komentar:

Post a Comment