February 24, 2014

File Sharing Geratis Namun Beresiko - Tahukah Anda? Data digital yang tersimpan di komputer, pemutar musik, CD, DVD atau handphone, bisa dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan bentuk file? Portabilitas file digital memungkinkan kita membeli musik dari toko online dan mendownloadnya ke dalam player. Kini kita juga bisa menonton video atau mendengarkan musik lewat internet. Semua terasa menyenangkan dilakukan berkat internet.

Namun semua kesenangan itu bisa menjadi petaka yang beresiko jika file yang dilindungi oleh copyright (hak cipta) tersebut disalin lalu disebarkan ke orang lain, atau bahkan dijual. Contohnya gampangnya, buku yang Anda beli. Anda bisa membacanya, meminjamkannya, atau memberikannya ke orang lain. Tapi selama buku tersebut dilindungi copyright, maka Anda tidak diperbolehkan untuk memfotokopi atau men-scannya ke komputer lalu mempublishnya untuk dijual.




Buku, musik, gambar, video, game, dan produk lainnya dibuat oleh seseorang seperti artis, programmer, dan spesialis lain di bidangnya. Mereka-mereka ini disebut dengan pencipta/pembuat, dan mereka punya hak untuk menentukan apakah barang mereka boleh dikonsumsi publik secara gratis atau tidak. Ketika seseorang membuat sebuah produk, mereka mempunyai hak untuk menyebarkannya atau hanya dipakai sendiri dan mereka mempunyai hak untuk mendapatkan uang dari karya mereka.

Nah, ketika kita mendownloadnya tanpa seijin pemiliknya lalu menyebarkannya ke teman, ini sama saja seperti mencuri, bedanya ini mencuri di dunia maya. Selain itu situs-situs dimana orang saling bertukar musik dan film biasanya berisiko. Situs-situs tersebut biasanya dipenuhi virus dan spyware, kecuali situs yang secara legal menyediakan layanan download.

Tips:
1. Ingat, mendownload musik dan film dari internet biasanya illegal, kecuali Anda mendownloadnya dari situs resmi.
2. Lengkapi komputer Anda dengan antivirus yang up-to-date. Situs-situs file sharing umumnya dipenuhi virus dan malware. Triknya adalah pembuat malware menyisipkan virus atau malware buatannya ke dalam file musik / video.
3. Jangan langsung membuka file yang baru di-download. Simpan dulu di komputer, scan, lalu buka.
4. Jangan mendownload game dari situs yang tidak dikenal / tidak punya reputasi baik.
5. Jangan klik apapun pada pop-up window yang muncul tiba-tiba ketika Anda mengakses situs file sharing. Sebaliknya, tutup pop-up window tersebut dengan mengklik tanda silang di pojok kanan atas.



Jangan Sembarangan Kontak dengan Orang Asing

Apakah di Internet kita bisa bertemu teman baru yang punya minat sama dengan kita? Tentu saja bisa. Anda bisa berpartisipasi di internet lewat forum diskusi atau membuka diskusi sendiri, atau lewat chatting, email dan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tapi ingat, tetaplah waspada karena ada orang-orang yang suka menutupi identitas mereka / menyamar sebagai orang lain. Bisa jadi mereka ingin membujuk Anda agar memberikan informasi lebih banyak tentang diri Anda lalu mengajakmu untuk ketemuan. Ingat, bertemu dengan orang yang baru Anda kenal di internet bukanlah ide yang bagus, apalagi sendirian. Tetapi jika Anda memang sudah ngebet pengen ketemuan dengan teman onlinemu itu, jangan ragu-ragu ceritakan hal ini kepada orangtua dan ajaklah orangtua atau temanmu untuk mendampingimu.



Jangan Asal Upload / Kirim Foto

Ingat, sebelum mengupload / mengirim foto, orang yang melihat foto Anda / yang dikirimi foto haruslah orang yang bisa dipercaya. Dengan adanya internet dan ponsel, foto-foto dengan mudah bisa tersebar kemana-mana dalam beberapa detik dan mereka akan tetap ada selamanya di internet. Bahkan foto tersebut dengan mudah dapat dimanipulasi. Usahakan agar Anda mengetahui foto-foto apa saja yang diposting anak Anda di situs jejaring, termasuk foto yang mereka kirimkan via email. Pastikan agar foto tersebut tidak ‘berbahaya’ dan tidak menampilkan lokasi yang gampak dilacak.

Tips
o Jadilah orang yang bertanggung jawab ketika online
o Jangan ikut menyebarkan pesan, gambar, atau material lain yang bisa menyakiti seseorang
o Share gambar hanya pada orang yang Anda kenal dan percaya
o Tolak jika ada orang asing mengajakmu ketemuan, meski mereka teman online Anda. Sampaikan ke orangtuamu.
o Gunakan webcam hanya dengan orang yang Anda kenal, disconnect ketika tidak menggunakannya lagi.



Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

0 komentar:

Post a Comment