Jenis Hewan dan Tumbuhan di Indonesia


Jenis Hewan dan Tumbuhan di Indonesia - Lingkungan sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Banyak manfaat yang dapat dipetik, antara lain sebagai sumber daya alam untuk mendukung kehidupan manusia, contohnya keberadaan tumbuhan dan hewan.


1. Tumbuhan
Indonesia termasuk negara yang memiliki kekayaan dan keanekaragaman sumberdaya (terutama sumber daya hayati) tertinggi di dunia. Jenis tumbuhtumbuhan sebanyak 25000 jenis atau kira-kira 10% dari flora di dunia. Persebaran jenis-jenis tumbuhan berada pada kawasan hutan tropis basah yang merupakan hutan primer yang masih menutupi wilayah daratan Indonesia kira-kira 63 %. Persebaran tumbuhan di Indonesia dipengaruhi oleh faktor geografi, yaitu kondisi tanah dan iklim. Wilayah Indonesia mempunyai dua paparan atau dangkalan, yaitu dangkalan Sunda di Indonesia bagian barat dan dangkalan Sahul di Indonesia bagian timur.


Jenis Hewan dan Tumbuhan di Indonesia



Tumbuhan jenis rotan terdapat di kawasan Indonesia bagian barat. Tumbuhan meranti yang berupa pohon besar dan jenisnya ada sekitar 335 macam. Tumbuhan ini hanya terdapat di Indonesia bagian barat. Pohon ini mendominasi dan merupakan tumbuhan utama di hutan-hutan primer Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Pulau Jawa kurang lebih memiliki 50 jenis kayu yang berkualitas tinggi sedangkan untuk Indonesia secara keseluruhan terdapat kurang lebih 4000 jenis. Di dalam hutan terdapat sumber daya hayati yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup manusia. Sumberdaya hayati hutan meliputi karbohidrat, zat pewarna, zat pengawet, obat-obatan dan sebagainya.

2. Hewan
Di Indonesia hidup kurang lebih 220.000 jenis hewan (200.000 jenis serangga), 4.000 jenis ikan, 2.000 jenis burung, 1.000 jenis reptil dan amfibia. Atas dasar paparan Sunda dan Sahul jenis hewan pun ikut terbagi dua kelompok dan dipisahkan oleh garis Wallace. Wilayah Indonesia barat (Paparan Sunda) banyak memiliki jenis mamalia dan burung, kira-kira ada 70% merupakan penghuni daratan dengan hutan primernya. Sumber daya hewani laut mempunyai potensi kurang lebih 40 juta ton pertahun tetapi yang dimanfaatkan baru 20%, yaitu meliputi ikan, udang, kerang. Ikan laut kira-kira ada 2000 jenis dan yang mempunyai nilai ekonomis hanya sekitar 40 jenis.



Sekian mengenai Jenis Hewan dan Tumbuhan di Indonesia, semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis Hewan dan Tumbuhan di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel