MACAM DAN JENIS PELAKU EKONOMI

Macam Macam Pelaku Ekonomi – Adalah mari kita bahas dengan materi materi dibawah ini yang disajikan dengan singkat jelas dan padat untuk kita semua.


Rumah Tangga (konsumen) adalah kelompok orang yang terikat dalam hubungan kekeluargaan. Karena terdiri atas orang-orang, Rumah Tangga (keluarga) merupakan sebuah unit pelaku ekonomi. Rumah tangga memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat.
Mengapa? Karena rumah tangga berperan sebagai berikut.
1. Konsumen
2. Penyedia faktor produksi bagi perusahaan


MACAM DAN JENIS PELAKU EKONOMI




Peran Rumah Tangga Produksi (Perusahaan)
Rumah Tangga Produksi disebut juga perusahaan. Perusahaan adalah kesatuan teknis yang mengkombinasikan faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Menurut jenis badan hukumnya, perusahaan digolongkan sebagai perusahaan perseorangan, CV, firma, Perseroan Terbatas (PT) dan koperasi. Menurut lapangan usahanya, perusahaan terdiri atas perusahaan agraris, ekstraktif, industri, perdagangan dan jasa.
Peran perusahaan dalam perekonomian adalah sebagai berikut.
1. Produsen
2. Pengguna faktor produksi
3. Agen Pembangunan


Peran Rumah Tangga Negara (Pemerintah)
Negara adalah komunitas sosial, politik dan ekonomi. Pemerintah adalah salah satu unsur dari negara. Pemerintah adalah pelaku kegiatan ekonomi. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.
1. Konsumen
2. Produsen
3. Regulator



Untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri suatu negara perlu hubungan dengan negara lain. Mengapa? Karena tidak semua negara dapat memproduksi semua barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rakyatnya. Indonesia melakukan hubungan ekonomi dengan berbagai negara di seluruh dunia. Hubungan tersebut dapat berupa perdagangan, ketenagakerjaan, dan permodalan. Hubungan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Perdagangan
2. Pertukaran Tenaga Kerja
3. Sumber Penanaman Modal Asing
4. Pemberi Pinjaman
5. Pemberi Bantuan


Sekian mengenai Macam Jenis Pelaku Ekonomi, apa yang ada dalam materi diatas semoga bisa membantu kita semua dalam memahami materi yang ada. Sekian dan termikasih.

0 Response to "MACAM DAN JENIS PELAKU EKONOMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel