RANGKUMAN PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA


Coba kamu pahami, mengapa Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia? Apakah maksud Jepang tersebut? Ternyata dalam peristiwa tersebut sesuai pepatah ada udang di balik batu. Sejak Jepang menduduki Indonesia, Jepang telah menarik simpati rakyat Indonesia antara lain dengan membentuk gerakan 3A, PETA, PUTERA, dan sebagainya. Dengan tujuan agar bangsa Indonesia mau membantu Jepang dalam perangnya melawan Sekutu.

Selain tersebut di atas, Jepang juga memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Untuk merealisasi janji tersebut, pada tanggal 1 Maret 1945 Jepang membentuk BPUPKI dan kemudian PPKI.

Coba kamu perhatikan gambar! Tahukah kamu siapakah Beliau?

Beliau adalah Ir. Soekarno yang dalam Sidang BPUPKI mengemukakan lima dasar negara yang diberi nama Pancasila. Setelah Indonesia merdeka, dalam sidang PPKI yang pertama tanggal 18 Agustus 1945. Beliau terpilih sebagai presiden RI yang pertama. Rancangan Undang-Undang Dasar yang telah disusun oleh BPUPKI, kemudian disyahkan oleh PPKI menjadi UUD 1945. Secara lengkap, kamu dapat membaca dalam bab ini!

RANGKUMAN PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA


1. Menjelang kekalahan Jepang terhadap sekutu, pimpinan Pendudukan Jepang di Jawa di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakici Harada mengatakan kepada bangsa Indonesia mengenai janji Kemerdekaan. Untuk merealisasi janji tersebut maka pada tanggal 1 Maret 1945 diumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dalam bahasa Jepangnya Dokuritsu Junbi Cosakai. Maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia Merdeka. Itulah alasan Jepang membentuk BPUPKI.

2. BPUPKI yang diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat telah mengadakan sidang dua kali, yang menghasilkan susunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan.
- Sidang pertama tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 menghasilkan Piagam Jakarta (Jakarta Charter).
- Sidang kedua tanggal 10 - 17 Juli 1945 menghasilkan Rancangan Hukum Dasar Negara Indonesia Merdeka. Ditetapkan pula bahwa Piagam Jakarta dijadikan pembukaan Hukum Dasar.

3. Setelah tugasnya selesai, pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan sebagai gantinya adalah dibentuknya Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang bahasa Jepangnya adalah Dokuritsu Junbi Inkai. PPKI diketahui oleh Ir. Soekarno dan wakilnya adalah Drs. Mohammad Hatta. Tugas PPKI adalah mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Namun sampai Indonesia Merdeka PPKI belum pernah bersidang. PPKI bersidang mulai tanggal 18 Agustus 1945.

0 Response to "RANGKUMAN PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel