TINDAKAN HEROIK RAPAT RAKSASA DI LAPANGAN IKADA

Tindakan Heroik Rapat Raksasa di Lapangan Ikada - Latar belakang diselenggarakan Rapat Ikada adalah untuk menyambut proklamasi kemerdekaan Indonesia, sekaligus sebagai aksi protes terhadap pengumuman panglima tentara Jepang di Jawa tanggal 10 September 1945 yang menyatakan bahwa kekuasaannya di Indonesia akan diserahkan kepada Sekutu bukan kepada Indonesia.

Rapat Raksasa Ikada diselenggarakan pada tanggal 19 September 1945 dan dipelopori oleh Komite Van Actie (Komite Aksi Menteng 31). Komite inilah yang melakukan pengerahan massa ke Lapangan Ikada dengan tujuan sebagai berikut.
a. Agar para pemimpin RI dapat berbicara di hadapan rakyat.
b. Agar semangat kemerdekaan tetap menyala di hati rakyat.
c. Ingin menunjukkan kepada dunia bahwa rakyat Indonesia mencapai kemerdekaannya dengan tenaga sendiri, bukan atas bantuan Jepang.


TINDAKAN HEROIK RAPAT RAKSASA DI LAPANGAN IKADA



Sebelumnya, pimpinan militer Jepang telah melarang rapat tersebut. Untuk menghalang-halangi rapat, pasukan Jepang yang bersenjata lengkap berjaga-jaga di sekitar Lapangan Ikada. Namun, kehadiran pasukan Jepang tidak menciutkan rakyat untuk menghadiri rapat. Sekitar puku115.00 WIB, Soekarno memasuki lapangan didampingi sepasukan BKR dan para pemuka bangsa Indonesia. Lalu, ia menaiki mimbar dan berpidato. Dalam pidato tersebut ia menegaskan bahwa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya dan bertekad mempertahankan kemerdekaan itu. Lalu, ia menutup pidatonya dengan ajakan kepada rakyat untuk setia kepada pemerintah dan pulang dengan tenang, namun tetap waspada.


Sebelumnya mengenai Proses Terbentuknya Negara Indonesia dalam Sidang PPKI ini dapat menambah pengetahuan ada


Rapat Raksasa Ikada hanya berlangsung singkat. Akan tetapi peristiwa tersebut memiliki makna yang besar, yaitu sebagai berikut.
a) Merupakan perwujudan sikap patriotik dalam rangka membela dan mempertahankan kemerdekaan.
b) Berhasil menggugah kepercayaan rakyat akan kekuatan bangsa Indonesia sendiri.
c) Mencerminkan persatuan kesatuan dan kebulatan tekad menghadapi musuh kemerdekaan.
d) Berhasil mempertemukan pemimpin RI dengan rakyatnya.
e) Merupakan perwujudan kewibawaan pemerintah RI di hadapan rakyat.
g) Membuktikan kepatuhan rakyat kepada pimpinan negara.
g) Membuktikan rakyat Indonesia cinta perdamaian.
h) Menunjukkan rakyat Indonesia anti perang terbuka yang dapat membawa korban.


Sekian mengenai Tindakan Heroik Rapat Raksasa di Lapangan Ikada, semoga apa yang ada di dalam materi dapat menambah pengetahuan kita.

0 Response to "TINDAKAN HEROIK RAPAT RAKSASA DI LAPANGAN IKADA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel