DAMPAK POSITIF KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Dampak Positif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara atau Internasional

Versi materi oleh D Endarto


Dampak Positif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara atau Internasional - Kerja sama ekonomi antarnegara akan memberikan dampak positif sebagai berikut.

a. Semakin Lancarnya Perdagangan Internasional maupun Regional
Dengan adanya kerja sama ekonomi antarnegara akan dapat dihasilkan kesepakatankesepakatan yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan hambatan-hambatan yang ada dalam perdagangan internasional , seperti prosedur ekspor impor lebih dipermudah, pengurangan bea impor dan kebijakan quota impor diperlunak. Sehingga dengan demikian adanya kerja sama ekonomi antarnegara dapat memperlancar perdagangan internasioal.

b. Adanya Kestabilan Harga, Permintaan, dan Penawaran
Adanya kerja sama ekonomi antarnegara akan mengakibatkan terjadinya ekspor dan impor. Bagi negara yang kekurangan suatu produk, untuk memenuhi permintaan dalam negari dapat dilakukan dengan mengimpor dari luar negeri, karena kalau tidak, harga produk tersebut akan naik. Sedangkan bagi negara yang kelebihan dalam penawaran suatu produk dapat mengekspor ke luar negari, bila tidak dapat menurunkan harga produk tersebut. Misalnya jumlah suatu produk yang dibutuhkan di dalam negeri kurang (sebagai contoh beras) maka akibatnya harga beras akan naik, maka untuk menstabilkan harga beras tersebut dapat dilakukan dengan mengimpor beras dari negara lain. Demikian juga apabila kelebihan beras harga akan cenderung murah maka untuk menstabilkannya dapat dilakukan dengan mengespor beras ke negara lain

c. Mengatasi Berbagai Permasalahan Ekonomi Bersama
Salah satu tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, adalah untuk mengatasi permasalahan ekonomi antarnegara yang terlibat secara bersama. Setiap negara tentu mempunyai masalah perekonomian, baik menyangkut dalam negeri maupun dengan negara lain. Misalnya terjadinya kecenderungan harga minyak dunia yang semakin melambung sehingga menyulitkan negara-negara pengimpor minyak maka untuk menekan harga minyak tersebut dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan negara-negara pengekspor minyak supaya menambah pasokan minyak dunia, agar harga minyak dunia bisa turun.

d. Memperkuat Posisi Perdagangan Suatu Negara dengan Ditandai Meningkatnya
Ekspor Melalui kerja sama ekonomi dengan negara lain dapat membuka dan memperluar pasar di luar negari sehingga dapat meningkatkan ekspor. Selain itu dapat memperkuat posisi perdagangan suatu negara di luar negeri, karena dengan kerja sama ekonomi, negara yang bersangkutan akan mampu menjadi pemasok barang kebutuhan ke negara lain. Misalnya Indonesia menjadi pemasok Gas LNG ke negara Jepang dan Korea Selatan. Ini terjadi karena adanya kerja sama ekonomi yang dilakukan antara Indonesia dengan Jepang atau Korea Selatan.

e. Mengatasi Persaingan Antarnegara yang Tidak Ssehat
Dalam pasar internasional, tentulah akan terjadi persaingan yang sangat kuat antarnegara, di mana masing-masing negara akan berusaha melalui berbagai cara untuk memenangkan dalam persaingan tersebut. Walaupun terkadang cara yang ditempuh dengan melakukan persaingan yang tidak sehat. Sebagai contoh adanya politik dumping (menjual produknya di luar negeri lebih murah daripada menjual produknya di dalam negari) yang dilakukan oleh suatu negara dapat mematikan produk negara lain di pasar internasional. Maka dengan adanya kerja sama ekonomi antarnegara yang dibentuk, dapat dihasilkan suatu kesepakatan untuk melarang adanya persaingan yang tidak sehat seperti politik dumping.

f. Meningkatnya Daya Saing
Kerja sama ekonomi antarnegara akan membuka peluang dan tantangan bagi pelakupelaku ekonomi yaitu peluang dalam memasarkan produknya di luar negeri dan tantangan bagi produk dalam negeri yang bersaing dengan produk luar negeri. Maka setiap negara akan selalu berusaha meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan daya saing melalui berbagai upaya seperti penggunaan teknologi, agar dapat bersaing dengan produk luar negeri, baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

g. Meningkatkan Perekonomian Dalam Negeri
Dengan kerja sama ekonomi antarnegara akan dapat menciptakan dan memperluas pasar di luar negeri sehingga ekspor akan meningkat. Dengan peningkatan ekspor akan menghidupkan perekonomian dalan negeri karena produk-produk dalam negeri dapat terjual di luar negeri, sehingga usaha atau perusahaan dalam negeri dapat berkembang dan berjalan dengan baik.

h. Meningkatkan Pendapatan Negara Utamanya Devisa
Dengan adanya kerja sama ekonomi antarnegara dapat mendorong terjadinya permintaan produk oleh negara lain sehingga ekspor barang ke luar negeri akan meningkat. Sehingga dengan demikian akan dapat menambah pendapatan negara dari sektor ekspor yang berupa devisa (alat pembayaran luar negari).


Sekian materi mengenai Dampak Positif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara atau Internasional, semoga bermanfaat.

0 Response to "DAMPAK POSITIF KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel