DAMPAK NEGATIF KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara

Versi materi oleh D Endarto


Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara - Selain menimbulkan dampak positif, kerja sama antarnegara akan menimbulkan dampak negatif, yaitu sebagai berikut.


a. Produk Dalam Negeri akan Kalah Bersaing dengan Produk Luar Negeri Baik Harga maupun Mutunya
Adanya kerja sama ekonomi antarnegara akan berdampak terjadinya arus barang masuk dari luar negeri ke dalam negeri. Hal ini menyebabkan pasar dalam negeri dibanjiri oleh produk luar negeri sehingga terjadi persaingan antarproduk dalam negeri dengan produk impor. Produk dalam negeri yang proses produksinya masih sederhana akan tergeser dan kalah bersaing, baik harga atau kualitasnya dengan produk luar negeri yang sudah menggunakan teknologi modern dalam proses produksinya.

b. Produsen Dalam Negeri yang Tidak Mampu Bersaing Akhirnya akan Menutup Usahanya
Berdasarkan penjelasan di atas, bagi para produsen yang tidak mampu bersaing dengan produk luar negeri akan mengalami penurunan usaha yang pada akhirnya mengakibatkan usahanya menjadi bangkrut. Hal ini berdampak dengan terjadinya PHK (pemutusan hubungan kerja) dan pengangguran meningkat.

c. Dapat Menimbulkan Ketergantungan dengan Luar Negeri
Dampak lain dari kerja sama ekonomi antarnegara adalah terjadinya ketergantungan suatu negara kepada negara lain. Hal ini terjadi karena adanya kesepakatan/perjanjian yang dihasilkan dari kerja sama ekonomi antarnegara, yang memaksa negara yang terlibat kerja sama tersebut untuk mematuhinya. Selain itu ketergantungan dapat terjadi pada saat negara berkembang seperti Indonesia menjalin kerja sama dengan negara maju untuk mengimpor produk-produk yang berteknologi seperti mesin-mesin industri dan pesawat terbang/pesawat tempur. Dalam pengadaan suku cadangnya Indonesia sangat tergantung dengan negara-negara maju.

d. Terjadinya Keterikatan yang Menyebabkan Berkurangnya Kebebasan dalam Mengatur Sendiri Kegiatan Ekomoni/Perdagangan
Sebagai contoh Indonesia pernah melakukan kerja sama dengan IMF untuk mendapatkan bantuan pencairan dana guna mengatasi krisis ekonomi. Dalam kerja sama tersebut Indonesia harus melaksanakan nota kesepahaman (Letter of Intent) yang dibuat IMF sehingga berbagai kebijakan ekonomi Indonesia harus mendapatkan persetujuan dari IMF. Hal ini menunjukkan bahwa IMF ikut campur tangan dalam kebijakan ekonomi Indonesia. Sehingga menyebabkan berkurangnya kedaulatan dan kebebasan dalam menentukan dan mengatur sendiri kebijakan dan kegiatan ekonomi Indonesia.

e. Timbulnya Proteksi-Proteksi untuk Melindungi dan Mementingkan Negara Anggotanya Sendiri (Diskriminasi)
Kerja sama ekonomi antarnegara dibentuk untuk meningkatkan perekonomian negara anggotanya dengan melindungi kepentingan negara anggota dari persaingan negara negara lain di luar anggota. Sebagai contoh NAFTA, AFTA dan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa). Masing-masing organisasi kerja sama ini membuat suatu kesepakatan atau perjanjian untuk melindungi kepentingan negara anggotanya dengan membebaskan atau menurunkan bea masuk terhadap produk-produk dari negara anggotanya. Sedangkan produk dari negara di luar anggotanya dikenakan bea masuk yang tinggi. Jadi adanya perlakuan yang berbeda antara produk dari negara anggota dengan produk dari negara luar anggota (diskriminasi).

f. Timbulnya Eksploitasi Sumber Daya Alam yang Berlebihan
Kerja sama ekonomi antarnegara akan mendorong suatu negara berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengekspor produknya ke negara lain. Akibatnya dapat terjadi eksploitas sumber daya alam yang berlebihan hanya untuk mengejar ekspor guna memenuhi kebutuhan negara lain, tanpa memperhatikan kelestariannya. Misalnya mengekspor kayu hutan yang berlebihan tanpa memperhatikan lingkungan sehingga akan mengakibatkan kerusakan hutan dan bencana alam.

g. Pasar Dalam Negeri Dikuasai oleh Produk Asing
Sesuai dengan penjelasan poin a dan b di atas, maka apabila produk dalam negeri kalah bersaing dengan produk impor, akibatnya selain banyak pengusaha-pengusaha dalam negeri yang bangkrut juga pasar dalam negeri akan dikuasi oleh produk-produk negara lain. Sehingga yang diuntungkan di sini adalah pengusaha dari negara lain.



Sekian mengenai Dampak Negatif Kerja Sama Ekonomi Antarnegara, semoga bermanfaat.

0 Response to "DAMPAK NEGATIF KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel